Menyetir Mobil Saat Hujan, Ingat-ingat Ini Biar Gak Celaka

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA – Hujan mulai sering terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cuaca ini tentu harus menjadi perhatian ketika menyetir mobil, terutama oleh mereka yang menjalankan kendaraan pribadinya dalam aktivitas sehari-hari.

Ketika beraktivitas dalam kondisi hujan, bukan hanya cara menyetir mobil saja yang harus disesuaikan, kondisi kendaraan pun harus mendapat perhatian. Ini agar tidak merepotkan pengguna ketika di dalam perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pengemudi ketika berkendara di musim hujan, ini seperti tips dari diler resmi mobil Toyota Auto200 yang dikutip VIVA Otomotif, Kamis 5 November 2020. Pertama, perhatikan kecepatan saat melintas di wilayah yang hujan.

Sebisa mungkin kurangi kecepatan saat mobil melaju di tengah cuaca hujan. Ini untuk memaksimalkan pengendalian mobil, karena biasanya daya pandang pengemudi menjadi terbatas. Disarankan untuk mengurangi kecepatan sekitar 20-30 km/jam atau sekitar 20% dari kondisi normal.

Pastikan untuk tetap fokus dan waspada dengan kondisi sekitar ketuka menyetir mobil di cuaca hujan. Selalu hati-hati dalam bermanuver atau ketika menggerakkan kemudi, serta menginjak pedal gas terlalu dalam. Kendalikan kendaraan supaya selalu berada di jalur yang tepat, dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Untuk mengantisipasi situasi saat pengguna jalan lain di depan melakukan pengereman mendadak, pastikan untuk menjaga jarak aman ketika hujan. Kurangi laju mobil secara bertahap dan cermat saat hujan, terutama saat melaju di jalan tol. Sebab, kemampuan rem untuk menahan putaran roda di jalan basah, berbeda dengan di kondisi kering.

Selain ban dan rem, komponen seperti Aki, AC, serta lampu juga dipastikan harus berfungsi normal. Sebab, bisa jadi komponen tersebut perlu diaktifkan ketika berkendara di cuaca hujan. Tak kalah penting, pastikan wiper bisa menyapu air dengan sempurna.

Demikian hal-hal yang harus menjadi perhatian ketika berkendara di musim hujan. Pastikan juga untuk tidak lupa berdoa, sebelum melakukan perjalanan dengan kendaraan.

Baca juga: Ketua MPR-RI Bamsoet Geber Mobil Ferrari di Sirkuit.