Mobil Disarungin Saat Parkir, Pemiliknya Wajib Tahu Ini

Ilustrasi pemakaian sarung atau cover mobil.
Sumber :
  • Dok. Auto2000

VIVA – Sarung mobil atau cover biasa diandalkan pemilik, ketika kendaraan diparkir dalam waktu cukup lama. Dengan selubung tersebut, merek dan wujud asli mobil menjadi tersamarkan.

Aksesori ini, bisa mencegah tangan jahil yang ingin melakukan tindak kejahatan di mobil. Di sisi lain, pemakaian selubung ini juga bisa melindungi kendaraan dari paparan sinar matahari langsung, dan mencegah debu menempel di eskterior.

"Pastikan car cover yang dibeli memiliki kualitas prima sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjaga mobil dari berbagai material yang merusak, terutama di musim hujan,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, dalam keterangan resmiya, Kamis 10 Desember 2020.

Agar kondisi kendaraan tetap terjaga meski dilapisi cover, ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatian konsumen. Penting untuk memilih sarung yang ukuran dan bahannya sesuai dengan kondisi mobil, serta area parkirnya.

Sarung mobil yang dipakai, jangan terlalu besar karena bisa menyebabkan bagian bawah sarung tidak kencang, dan mudah terbawa angin. Sebaliknya, bila terlalu kecil akan menimbulkan masalah lantaran bodi mobil tidak tertutup sempurna dan ada risiko mobil terkena air hujan atau debu.

Kedua, pakai bahan sarung mobil yang tepat. Jika kendaraan lebih sering di area luar, bisa pakai bahan parasut atau polyester karena tahan air. Sementara itu, jika parkirnya di dalam ruangan, pilih yang memakai fabric untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban.

Pastikan juga bahan sarung tidak mudah luntur. Selubung berwarna terang dengan bahan berkualitas rendah, berisiko membuat warnanya luntur dan menempel di bodi kendaraan. Ini tentu akan merepotkan pemilik ketika melakukan perawatan mobil.

Selubung mobil yang berkualitas, bagian luarnya memakai bahan untuk melindungi dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari. Di lapisan kedua ada rongga untuk sirkulasi udara guna mencegah lembap, dan bagian dalam akan melindungi bodi agar tak lecet.