Belajar dari Foto IG Nikita Mirzani, Ini Tanda Ban Mobil Kudu Diganti

Ban mobil robek yang disebut Nikita Mirzani sebagai teror untuk keluarganya.
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Nikita Mirzani kembali menjadi sorotan Warganet, usai mengunggah foto di akun Instagram pribadinya. Kali ini, gambar yang diunggah bukanlah pose cantik ataupun aktivitas hariannya.

Gambar yang diunggah tersebut merupakan ban mobil yang robek di bagian dinding dalamnya. Kejadian tersebut, dianggap Nikita Mirzani sebagai bentuk kesengajaan dan teror untuk anggota keluarganya.

Atas kejadian tersebut, ibu dari tiga anak ini menyebut tak tinggal diam. Sebab, selain ban mobil yang dianggapnya sengaja disobek, Nikita Mirzani juga mendapat ancaman lewat SMS.

Belaja dari kasus ban mobil Nikita Mirzani yang sobek, sebenarnya ada tanda-tanda bahwa karet bundar yang menjadi penopang kendaraan itu harus diganti, mulai dari usia pakai, jarak tempuh, dan sebagainya. 

Melansir dari 100KPJ, Senin 14 Desember 2020, ada beberapa ciri yang harus diketahui pemilik mobil, sekaligus sebagai pertanda karet bundar di roda sudah harus diremajakan.

Pertama, usia yang ideal untuk pemakaian standar ban mobil adalah 3 tahun. Jadi bersiaplah untuk menggantinya jika karet bundar itu sudah menempel di pelek dengan kurun waktu tersebut.

Selain dalam hitungan waktu, pemakaian ban bisa ditandai dengan jarak tempuh. Dalam kondisi standar, ban disarankan untuk diganti jika sudah menempuh jarak tempuh 40 ribu kilometer.

Cek ketebalan ban dengan  TWI (Tread Wear Indicator), yang wujudnya berupa stempel segita di dinding luar ban mobil. Jika tebal telapak sudah menyentuh ujung atas segitiga, segera ganti 'alas kaki' kendaraan. Ciri lain harus dilakukan penggantian, jika karet menipis hanya di sisi tertentu saja.

Segera ganti ban jika menemukan benjolan di permukaan telapak, maupun dindingnya. Karet yang tiba-tiba menonjol, menjadu pertanda ada anyaman benang atau kawat konstruksi di dalamnya putus, sehingga ketahanannya tidak lagi sama dengan kondisi normal.

Baca juga: Cicilan Skuter Matik Termurah di Indonesia, Cuma Rp600 Ribuan Per Bulan.