Sebelum Ganti Pelek Mobil Standarnya, Pemiliknya Wajib Tahu Ini

Ilustrasi modifikasi mobil dengan cara mengganti pelek.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –Meski sudah dirancang dan diperhitungan dengan sedemikian rupa oleh pabrikan, ada saja pemilik yang merasa kurang puas dengan wujud pelek mobil standarnya. Mereka kemudian menggantinya dengan produk aftermarket.

Mengganti pelek menjadi salah satu cara mengubah penampilan mobil. Saat ini pilihan model, diamater, sampai mereknya pun beragam. Konsumen hanya perlu menyesuaikan keinginan, dengan spesifikasi serta dana yang dimiliki.

Meski bisa merubah penampilan secara instan, mengganti komponen standar dengan produk aksesori juga tak bisa dilakukan sembarangan. Selain ukuran peleknya, PCD atau Pitch Center Diameter harus diperhatikan juga.

PCD adalah ukuran diameter lingkaran yang melewati bagian tengah dari semua baut pengunci di roda mobil. Ketika berencana memakai barang aksesori, tips otomotif bagi pemilik, yakni harus mengetahui terlebih dulu ukuran diameternya, serta sesuaikan dengan jumlah baut pengunci tersebut.

Cara ini dilakukan, untuk memastikan pelek bisa terpasang dengan baik pada dudukannya. Pemilik mobil tak perlu repot menambahkan bantalan ketika menggantinya dengan produk aftermarket. Sehingga, kondisi saat roda berputar lebih aman.

Menariknya, saat ini produsen pelek menyiapkan dua ukuran PCD, salah satunya dari merek lokal HSR Wheel. Informasi yang dikutip VIVA Otomotif dari laman resminya, Kamis 11 Februari 2021, jenis ini biasa diistilahkan sebagai dual PCD.

Sebagai ilustrasi, ukuran dual PCD biasanya dituliskan  8×100-114. Ini bisa diartikan, pelek tersebut bisa dipasangkan pada dudukan roda kendaraan dengan empat baut pengunci 4×100 dan juga ukuran PCD 4×114.

Bicara soal pelek aftermarket, merek tersebut diketahui menawarkan 9 model baru Broko Series untuk konsumen di Indonesia. Kaki-kaki ini bisa menjadi pilihan pemilik mobil yang mengadopsi gaya Japanese Domestic Market alias JDM pada kendaraannya.

"Tim R&D kami memikirkan matang-matang desaing dari model-model terbaru ini. Mulai dari segi ketaanan, bentuk, hingga konsepnya. Semuanya demi mendapat hasil maksimal," ujar Hendra Wijaya, Marketing Director HSR Wheels.

Pelek after market baru tersebut ditawarkan untuk mobil yang memakai diameter roda 15 sampai 17 inci. Selain itu memakai spesifikasi dual PCD, yakni 4x100 dan 4x114, serta 5x100 dan 5x114.