Cara Mudah dan Cepat Bersihkan Grille Mobil

Ilustrasi mencuci mobil
Sumber :
  • Daihatsu.co.id

VIVA – Grille merupakan salah satu bagian dari eksterior mobil, yang memiliki dua fungsi. Pertama yakni untuk menyalurkan udara segar menuju kompartemen mesin, untuk kebutuhan pembakaran serta pendinginan.

Fungsi lainnya yakni menjadi tempat untuk meletakkan logo dari pabrik mobil itu sendiri, sehingga bisa terlihat dari kejauhan.

Masing-masing model menggunakan desain yang berbeda, ada yang dibuat sederhana namun tidak sedikit juga yang memakai banyak lubang dan lekukan.

Meski membuat tampilan mobil jadi lebih keren, namun desain tersebut terkadang menyusahkan pemilik saat hendak membersihkannya.

Beberapa tempat pencucian kendaraan juga melupakan bagian tersebut, sehingga grille tampak cepat kotor karena bekas air yang mengering.

Untungnya, membersihkan grille tidak memerlukan ijazah pilot atau status sebagai seorang ilmuwan. Yang diperlukan hanya beberapa alat dan waktu kurang lebih 15 menit.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Daihatsu, Selasa 30 Maret 2021, grille yang dibiarkan tidak terurus lama-lama bisa kusam dan berkarat.

Pada model yang dilapisi krom, tampilannya bisa rusak dan berbintik. Itu sebabnya, perlu pencegahan sedini mungkin untuk menghindari hal tersebut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan grille yakni kain lap dengan bahan katun agar tidak menimbulkan baret, sikat gigi untuk membersihkan sela sempit, kuas, sampo mobil, hingga wax.

Pertama, encerkan sampo dengan cara mencampurnya menggunakan air. Perbandingan yang disarankan yakni satu takaran sampo dan tiga takaran air bersih.

Oleskan cairan tersebut menggunakan kuas dan sikat gigi. Tidak perlu ditekan, cukup usap hingga bagian yang kotor terkena sampo. Jika ada kotoran membandel, ulangi proses beberapa kali sampai benar-benar hilang.

Setelah itu, bilas menggunakan air dan keringkan dengan lap halus. Terakhir adalah mengoles wax, untuk memberi perlindungan agar tidak mudah kotor dan kusam.