Wajib Tahu, Segini Biaya Tune Up Mobil

Servis mobil di bengkel resmi Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Saat membeli mobil dalam kondisi baru, pemilik tidak perlu dipusingkan dengan biaya perawatan berkala. Servis dilakukan secara teratur, sesuai dengan ketentuan yang ada dalam buku panduan.

Namun, tidak demikian jika masa perawatannya sudah habis atau membeli unit dalam kondisi bekas pakai. Servis tetap perlu dilakukan, untuk menjaga kondisi mesin dan komponen lain agar selalu siap digunakan.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk satu kali servis?

Dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi Suzuki, Senin 12 April 2021, jenis perawatan ini dikenal juga dengan nama tune up. Fungsinya yakni mengembalikan mobil ke kondisi normal, supaya bisa dikemudikan jauh tanpa muncul masalah.

Biasanya servis dipakai untuk menunjukkan bahwa kendaraan hanya memerlukan pemeriksaan ringan saja, seperti apakah saringan sudah kotor atau belum. Sementara, tune up adalah proses menyetel ulang beberapa komponen agar bisa bekerja dengan baik.

Apabila unit yang dibawa ke bengkel resmi sebelumnya dibeli dalam kondisi bekas, maka pemilik bisa dikatakan tidak mengetahui kondisinya secara utuh.

Dengan dasar itu, maka ada baiknya beberapa komponen yang penting dilakukan pergantian. Mulai dari saringan udara, saringan bahan bakar, saringan oli, hingga kampas rem.

Biaya yang dibutuhkan untuk setiap model berbeda-beda, namun sebaiknya menggunakan patokan sebesar Rp3 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk pergantian pelumas yang biasanya membutuhkan empat botol.

Tune up biasanya dilakukan setiap mobil sudah menempuh jarak 20 ribu kilometer. Pemilik bisa juga melakukannya berdasarkan patokan waktu, yakni satu tahun sekali. Artinya, setiap bulan sisihkan Rp300 ribu supaya nantinya tidak kerepotan mencari dana.