Cara Mudah Bersihkan Jok Mobil

Ilustrasi jok mobil.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Mobil yang usai digunakan untuk perjalanan jauh seperti mudik, pasti interiornya cukup kotor karena penumpang meghabiskan banyak waktu di dalam kabin.

Atau bisa juga kendaraan baru saja digunakan untuk menghabiskan waktu keliling kota sembari menikmati jajajan. Remah kue atau tetesan es krim yang menempel pada jok harus segera dibersihkan, karena bisa meninggalkan noda.

Untuk melakukan itu, pemilik mobil tidak perlu datang ke salon spesialis kendaraan. Cukup luangkan waktu 1-2 jam di rumah dengan peralatan yang memadai, maka semua kotoran dan noda bisa hilang.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Suzuki, Jumat 14 Mei 2021, pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan penyedot debu yang biasa dipakai di rumah.

Gunakan alat ini untuk menyedot semua remah dan kotoran yang ada di jok maupun lantai. Pastikan memeriksa bagian kolong, karena terkadang ada potongan makanan yang jatuh dan terdorong ke area tersebut.

Apabila jok yang digunakan memakai pelapis dari bahan kain, maka lanjutkan dengan mencampur air dengan sabun cuci piring dan masukkan ke dalam semprotan.

Semprot bagian jok yang terkena noda dan kemudian lanjutkan gosok dengan sikat berbulu halus. Sisa sabun yang menempel bisa dibersihkan memakai kain yang sebelumnya direndam dalam air hangat.

Jika pelapisnya memakai material kulit, maka harus menggunakan bahan khusus karena air sabun bisa merusak struktur kulit dan membuatnya jadi pecah-pecah.

Bagaimana jika noda sudah berjamur? pada bahan kain, semprotkan sabun cuci piring yang sudah dicampur dengan pemutih pakaian dengan perbandingan sama. Setelah itu biarkan pintu terbuka agar cepat kering.