Hindari Memasang Tiga Aksesori Mobil Ini

Ilustrasi kaca film mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Banyak pemilik mobil yang rela mengeluarkan uang, untuk membeli berbagai macam aksesori demi mempercantik penampilan kendaraan.

Ada juga yang melakukannya supaya merasa lebih nyaman, ketika harus berkendara dalam waktu yang cukup lama seperti menempuh perjalanan ke luar kota.

Meski bisa mengubah tampilan mobil dan membantu pengemudi maupun penumpang dalam berbagai hal, namun ada beberapa aksesori yang sebaiknya tidak dipasang karena bisa mengundang bahaya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Nissan Indonesia, Selasa 18 Mei 2021, kaca film yang sangat pekat termasuk aksesori yang dimaksud.

Meski benda ini berfungsi meredam panas dan menolak sinar, namun jika terlalu gelap maka pengemudi akan kesulitan melihat situasi jalan ketika malam hari.

Ada yang mengakalinya dengan tidak memasangnya pada bagian kaca yang biasa digunakan untuk melihat kaca spion, tapi hal ini menjadikan tampilan kendaraan kurang rapi.

Aksesori kedua yaitu hiasan kabin, terutama yang digantung di kaca spion tengah. Tak jarang benda yang dipasang tidak dirancang khusus untuk penggunaan di mobil, sehingga bisa mengganggu pengemudi.

Apabila memang ingin tetap memasang hiasan, pastikan tidak terlalu panjang supaya ayunannya tidak mengenai kaca maupun pengemudi. Dimensinya juga tidak besar, agar pandangan ke depan tetap maksimal.

Terakhir dan tidak kalah penting, disarankan untuk tidak mengganti sistem hiburan dengan model yang bisa menayangkan video atau siaran televisi.

Meski terkesan canggih dan modern, namun peranti elektronik tersebut justru bisa mengganggu konsentrasi pengemudi, karena sesekali ia akan melirik gambar yang ditayangkan.