Tips Menghitung Biaya Sehari-hari Punya Mobil

Diler mobil Suzuki di Jepang
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Meski motor masih menjadi kendaraan pribadi favorit masyarakat Indonesia, namun tidak dipungkiri sebagian dari mereka juga ingin memiliki mobil.

Selain tidak perlu khawatir kepanasan dan kehujanan, kendaraan ini juga bisa dimanfaatkan untuk bepergian bersama keluarga atau teman.

Harga jualnya memang lebih tinggi dari motor, tapi adanya skema kredit membuat pemilik tidak perlu menyiapkan banyak dana di awal. Cukup sediakan uang muka atau down payment, maka unit bisa dikirim ke rumah.

Photo :
  • Dok: SIS

Selain angsuran bulanan, ada hal lain yang juga perlu diperhitungkan saat memutuskan untuk memiliki mobil pribadi, yakni biaya pemakaian dan perawatannya.

Sebagian besar diler menawarkan unit yang sudah dibekali dengan kemudahan dalam hal servis berkala, sehingga pengeluaran tidak terlalu membengkak.

““Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa mengganggu perencanaan finansial rumah tangga,” ujar Service Assistant to Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 19 Juni 2021.

Photo :
  • SIS

Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan ini, beberapa faktor yang dapat dimasukkan adalah biaya perawatan berkala, pajak tahunan serta bahan bakar. Angkanya bisa berbeda-beda, tergantung unit yang dibeli serta wilayah domisili dan intensitas penggunaan.

Hariadi mencontohkan, perkiraan biaya servis New Ignis hingga 100 ribu kilometer atau pemakaian tiga tahun berkisar di Rp7.877.300 atau Rp7.193 per hari. Jumlah itu sudah termasuk program gratis biaya jasa 1.000 sampai 50 ribu km.

Pajak mobil yang masuk dalam kategori sport utility vehicle atau SUV itu untuk wilayah Jakarta yakni sekitar Rp2.940.000 per tahun atau Rp8.054 per hari. Untuk bensin, dengan asumsi konsumsi BBM di angka 10 km per liter dan dipakai sejauh 50 km per hari, maka biaya bensin Pertalite per hari Rp38.250.

Apabila semuanya dijumlahkan, maka pemilik New Ignis hanya perlu menyediakan Rp53.497 per hari atau sekitar Rp1,6 juta per bulan untuk pemakaian selama tiga tahun pertama. Jika mobil hanya dipakai saat akhir pekan, maka angkanya bisa lebih murah lagi.