Bagian Mobil Ini Jarang Dapat Perhatian, Padahal Penting

Ilustrasi kamera parkir.
Sumber :
  • Seva.id

VIVA – Supaya bisa tetap diandalkan saat dibutuhkan, kendaraan bermotor harus selalu dijaga kondisinya. Selain menjalani perawatan berkala, hal lain yang juga sebaiknya dilakukan adalah menjaga kebersihannya.

Dampak yang ditimbulkan tidak sekadar membuat penampilan mobil menjadi tetap menarik, namun juga mencegah adanya komponen yang rusak akibat terpapar berbagai jenis kotoran.

Salah satu komponen yang sering luput dari perhatian pemilik saat sedang membersihkan mobil, yakni sensor dan kamera parkir. Fitur ini berfungsi memudahkan pengemudi, saat hendak parkir.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Seva.id, Kamis 5 Agustus 2021, posisinya yang ada di bagian bawah belakang mobil, membuat dua komponen itu rentan terkena kotoran. Untuk itu, perlu perawatan rutin agar fungsinya tetap maksimal.

Menjaga kondisi sensor dan kamera parkir agar tetap optimal, tidak membutuhkan perlakuan khusus. Bahkan, bisa dilakukan sendiri di rumah dengan memanfaatkan benda-benda yang tersedia, seperti lap dan sampo.

Sensor parkir
Komponen ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang frekuensi, yang dipancarkan dan ditangkap kembali oleh sensor. Adanya lumpur atau kotoran akan membuat sinyal menjadi terganggu, tapi untungnya bisa dibersihkan dengan mudah.

Satu hal yang patut diperhatikan adalah, jangan pernah mengecat sensor parkir meski lapisan luarnya sudah mulai pudar. Sebab, lapisan cat akan mengganggu penerimaan sinyal. Jika memang diperlukan, bisa diganti dengan yang baru.

Kamera parkir
Cara kerja dari komponen ini adalah menggunakan lensa kamera video, yang sinyalnya dikirim ke dasbor untuk ditayangkan di sistem hiburan. Sama seperti lensa lainnya, kebersihan perlu dijaga dengan cara mengelap memakai kain lembut.