Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Terungkap Alasan Isi BBM di SPBU Gak Boleh Pakai Jerigen Pelastik

Sabtu, 18 September 2021 | 12:08 WIB
Foto :
  • Pertamina
50 SPBU di Denpasar jual bensin jenis Pertalite seharga Rp6.450 per liter

VIVA – Untuk mengisi bahan bakar minyak, atau BBM setiap kendaraan bermotor akan datang ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Namun dalam kondisi tertentu pengguna mobil, atau motor tidak bisa datang ke SPBU.

Salah satunya ketika mobil mati di tengah jalan, karena habis bensin. Sehingga jalan alternatifnya adalah membeli dalam keadaaan eceran, atau membawa jerigen dengan menghampiri SPBU terdekat dari lokasi kendaraan.

Baca Juga

Namun dalam keadaan darurat, tanpa mempertimbangkan keamanan berbagai jenis wadah digunakan untuk mengisi BBM di SPBU. Mulai dari botol air minum kemasan, hingga jerigen berbahan pelastik.

Padahal cara tersebut tidak dibenarkan, atau dilarah karena jerigen pelastik bukan diperuntukan sebagai wadah yang aman menyimpan BBM. Hal itu sempat disampaikan Sales Branch Manager PT Pertamina, Arif Wahyu Perdana.

“Jerigen bahan pelastik tidak mampu mengantarkan listrik, jadi berpotensi menimbulkan bahaya. Jadi kalau mau pakai jerigen bahan logam,” ujarnya.

Dia mengatakan, dikhawatirkan saat pengisian pertama BBM nosel mengeluarkan percikan atau listrik statis, jika tidak mampu dihantarkan maka akan mengakibatkan kebakaran. Sehingga jerigen bahan logam lebih aman dari pelastik.

“Harapannya pakai jerigen bahan logam, karena bisa menghantarkan listrik. Misalnya ada percikan dari nosel takutnya ada listrik statis,” ujarnya 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler