Cara Mudah Upgrade Head Unit Mobil ke Android

Head unit mobil
Sumber :
  • Dok: Asuka

VIVA – Sistem hiburan menjadi salah satu bagian dari mobil, yang sering diakses oleh penumpang. Apalagi, saat ini komponen tersebut sudah dibekali dengan teknologi maju.

Salah satu kemampuan dari head unit yang banyak disukai, yakni dukungan terhadap sistem operasi Android. Sebab, pengguna bisa mengakses banyak fitur mulai dari hiburan musik dan video hingga cuaca serta peta digital.

Selain Android, sistem operasi lain yang juga banyak ditemukan di mobil-mobil buatan Eropa adalah Apple Car Play. Sayangnya, banyak yang mendukung hanya sistem itu saja tanpa menyediakan kemampuan untuk Android.

Hal itu kemudian dianggap sebagai peluang oleh Asuka, perusahaan penyedia head unit yang pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 meluncurkan produk baru.

Bertempat di ICE BSD City, Tangerang, Asuka memperkenalkan Smart Android Interface Box S-302+ yang bisa dipasang di semua kendaraan. Syaratnya hanya satu, yakni siste hiburan mobil tersebut sudah mendukung Apple Car Play.

Salah satu andalan S-302+ adalah Bluetooth 5.0, dengan kecepatan transfer lebih maksimal dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, alat ini juga sudah dibekali dengan sistem operasi Android 10.

Smart Android Interface Box

Photo :
  • Dok: Asuka

“Cukup dengan Smart Android Interface box S-302+ dari Asuka, Konsumen dapat menghadirkan fitur Android di dalam mobil,” ujar Brand Manager Asuka Car TV, TJ Darmawan di GIIAS 2022, dikutip Minggu 14 Agustus 2022.

Pada kesempatan yang sama, Asuka juga memperkenalkan head unit baru mereka yakni ACK-509/510 MAX yang memiliki layar QLED 2K serta dilengkapi dengan kemampuan pendeteksi CO2 dan penjernih udara.

“Kami luncurkan head unit aftermarket yang bisa mengindikasi kadar CO2, dan air purifier yang dapat mematikan virus di dalam mobil demi kesehatan,” tutur Direktur PT Intersis Sejahtera Abadi yang menaungi brand Asuka Car TV, Albert Lim.