Tunggangi Moge, 24 Polwan Unjuk Aksi Berbahaya di IIMS 2019

Polwan beraksi dengan motor gede di IIMS 2019
Sumber :
  • VIVA/Septian Farhan Nurhuda

VIVA – Sebanyak 24 personel polisi wanita (polwan) di bawah payung Brigadir Motor (BM) Polwan menggelar aksi berbahaya dengan melakukan atraksi sepeda motor gede di pentas Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Bukan sembarangan, motor yang dipilih adalah Harley-Davidson Road Glide dan BMW GS1200.

Secara tampilan dan spesifikasi, kedua jenis motor tersebut umumnya hanya dipakai kalangan pria saja. Seolah ingin menyuarakan pesan kesetaraan, para polwan tersebut tampil menantang adrenalin.

Berbagai teknik dilakukan, mulai dari yang aman seperti membentuk barisan, hingga berbahaya dengan melakukan liukan tajam serta menyetir dalam posisi berdiri.

AKP Yunita Natalia Rungkat, selaku Korps Komandan BM Polwan mengatakan bahwa para peserta yang tampil di pelataran JIExpo Kemayoran tersebut merupakan angkatan keempat dari rangaian Brigadir Motor Polwan yang sudah terbentuk sebelumnya. Peremajaan terus dilakukan agar minat anggota terhadap kendaraan roda dua terus meningkat.

“Sejak pertama dibentuk tahun 2004 lalu, sekarang sudah masuk generasi keempat. Mereka itu yang tampil hari ini,” katanya di Jakarta, Minggu, 28 April 2019.

Selanjutnya, menurut Yunita, untuk bergabung dengan BM Polwan tak diperlukan kualifikasi khusus. Apabila seorang polwan punya kecintaan terhadap kendaraan roda dua, dan menyimpan keinginan untuk terus belajar, mereka bisa bergabung sebagai anggota.

Ia juga menambahkan, untuk bisa tampil menghibur khalayak melalui atraksi sepeda motor, dibutuhkan proses belajar yang tak sebentar.

“Biasanya kita mulai dari basic atau dasar, mulai dari mendorong-dorong motor dulu, pengenalan fungsi, dan belajar menyeimbangkan kendaraan. Jadi latihan dari awal, sampai bisa tampil atraksi, kurang lebih butuh waktu sebulan,” ujar dia.