Datang Pagi Pulang Malam, Segini Gaji Pengelap Mobil Pameran IIMS

Jasa pengelap mobil di pameran otomotif
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Tampilan mobil yang dipajang di pameran otomotif, memang harus terlihat bersih dan mengkilap. Hal tersebut dilakukan agar menarik perhatian konsumen yang berkunjung ke masing-masing stan merek otomotif.

Untuk membuat mobil terlihat kinclong, ternyata disediakan tukang lap khusus selama pameran. Salah satunya adalah Rusmin. Dia sehari-sehari bekerja sebagai tenaga lepas, di sebuah salon mobil di wilayah Jakarta Selatan.

Selama pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2019 berlangsung, pria berusia 40 tahun ini bertugas untuk menjaga tampilan mobil-mobil yang mejeng di depan stan, agar bersih dan enak dipandang.

"Saya freelance di salon mobil. Kalau pameran, kerjanya pindah ke sini, memastikan mobil yang dipajang tetap bersih," ujarnya kepada VIVA, Sabtu 4 Mei 2019.

Rusmin mengatakan, dirinya sudah beberapa kali bertugas di pameran otomotif. Untuk itu, dia tidak memiliki kesulitan yang berarti ketika melaksanakan kewajiban membersihkan dan memantau kondisi mobil.

"Enggak sulit sih, cuma ya pengerjaannya sedikit berbeda dengan di salon mobil biasa. Kalau di pameran, membersihkan mobil harus lihat kondisi, jangan sampai mengganggu orang yang datang dan ingin melihat mobil tersebut," tuturnya.

Dalam sehari, kata Rusmin, bisa puluhan kali dia mengelap bagian bodi dan kaca mobil. Untuk pekerjaannya ini, Rusmin dibayar dengan sistem perjanjian selama 11 hari diadakannya pameran. Jam kerjanya dimulai dari pagi hari sebelum pameran dibuka, dan selesai bertugas setelah jam pameran ditutup.

"Bayarannya sehari masih kisaran ratusan ribu rupiah, untuk makan sudah disediakan dari tim pameran. Cukup kok buat tambahan penghasilan, karena kerjanya 11 hari penuh. Untuk pameran mobil, saya sudah sering kali ikutan," ungkapnya.