Temui Kiai dan Santri Tapal Kuda, Erick Tohir Puji Keagamaan Jokowi

Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir di tengah Kiai dan Santri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Ketua Tim Kampanye Nasional atau TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Tohir, memuji Jokowi yang menurutnya taat beragama. Pujian itu disampaikan saat berbicara di hadapan lima ribu massa Jaringan Kiai Santri Nasional atau JKSN se-Tapal Kuda di Lapangan Desa Balet Baru, Sukowono, Jember, Jawa Timur, pada Kamis, 22 November 2018. 

"Saya diberi kesempatan pada satu bulan setengah terakhir, bisa dekat dengan capres kita Pak Jokowi. Apa yang saya lihat selama ini beliau memang pemimpin yang taat beragama dan rajin salatnya, kalau ada pihak yang mempertanyakan hal ini Insya Allah salah," kata Erick.

Atas alasan itulah, Erick mengaku optimistis bersama JKSN dan tokohnya, Khofifah Indar Parawansa dan KH Asep Saifuddin Chalim, Jokowi akan mampu memaksimalkan keberpihakan pemerintah kepada pendidikan umat, jika diberi kesempatan memimpin untuk kedua kali. 

"Termasuk ekonomi umat dan ekonomi keluarga muslim harus ditingkatkan," tegasnya. 

Ditanya soal target, Erick tak mau menjawab secara gamblang. Menurutnya, yang terpenting bekerja secara maksimal. 

"Saya yakini seluruh masyarakat Tapal Kuda sudah merasakan hal yang digerakkan oleh pemerintah seperti kartu sehat, pintar, dana desa, yang sangat membantu ekonomi keluarga dan umat pada khususnya," kata Erick. 

Deklarasi dukungan JKSN untuk pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jember itu dihadiri sekira lima ribu orang, terdiri dari unsur kiai, bu nyai, santri, dan wali santri se-Tapal Kuda (Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kota Pasuruan).

Selain Erick, hadir pula di lokasi Ketua Dewan Pengarah JKSN Khofifah Indar Parawansa, Ketua Dewan Penasihat JKSN KH Asep Saifuddin Chalim, serta pengasuh Ponpes Nurul Qarnain Jember, KH Yazid Karimullah. 

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Yazid mewakili kiai dan santri se-Tapal Kuda menegaskan dukungannya untuk Jokowi-Kiai Ma'ruf.

"Saya berikrar, selaku pengasuh Ponpes beserta keluarga besar dari para alumni para wali santri akan mendukung sepenuhnya untuk pemenangan capres cawapres Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin," kata Kiai Yazid. (ase)