La Nyalla Lolos Jadi Senator, Madura Sumbang 442.733 Suara

Proses penandatangan berkas rekapitulasi tingkat KPU Provinsi Jatim di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti, dipastikan lolos menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan perolehan 2.267.058 suara. Pulau Madura menyumbang suara cukup banyak untuk La Nyalla, yakni total 442.733 suara.

La Nyalla masuk empat besar dengan perolehan suara tertinggi kedua. Di atasnya, ada nama Evi Zaenal Abidin dengan perolehan 2.416.663 suara. Rangking tiga ditempati petahana, yakni Ahmad Nawardi dengan memperoleh 1.414.478 suara. Adapun tertinggi keempat ialah Adilla Aziz dengan perolehan 1.322.755 suara.

Di Madura, total suara yang diperoleh La Nyalla sebanyak 442.733 suara. Angka itu terbilang lumayan bahkan tinggi mengingat kontroversi mantan Ketua Umum PSSI itu di Madura selama proses Pemilihan Umum 2019. Rinciannya perolehan suara: Kabupaten Sumenep 61.136 suara; Pamekasan 107.666 suara; Sampang 169.406 suara; dan Bangkalan 104.525 suara. 

Data perolehan calon yang lolos jadi anggota DPD RI tersebut diperoleh dari rekapitulasi hasil perolehan suara Provinsi Jawa Timur yang digelar Komisi Pemilihan Umum setempat selama tujuh hari, Minggu-Sabtu, 5-11 Mei 2019. Pengamatan VIVA di lokasi, hingga Sabtu malam 11 Mei 2019, proses yang berlangsung tinggal penandatanganan berkas rekapitulasi saja.

La Nyalla mengaku bersyukur dengan kepercayaan masyarakat Jawa Timur kepada dirinya. "Ini kepercayaan yang besar, amanah yang tentu saja berat. Lebih dari 2,2 juta suara, tersebar merata di 38 kabupaten/kota, tanpa politik uang justru di tengah maraknya politik uang. Terima kasih semuanya," katanya dalam keterangan tertulis diterima VIVA

La Nyalla mengatakan, salah satu program utama ke depan adalah penguatan ekonomi rakyat berskala kecil dan mikro di Jawa Timur. Sebagai anggota DPD, La Nyalla berjanji akan mensinergikan program itu dengan berbagai pemangku kepentingan.

"Advokasi kebijakan di tingkat pusat akan membuka banyak jalan bagi kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Nanti tentu saja kita kolaborasikan pemerintah pusat dan daerah, ada provinsi dan serta kabupaten/kota. Insya Allah banyak jalan kita perjuangkan bareng untuk warga Jatim," ujar La Nyalla.

Koordinator relawan La Nyalla Academia, Rohmad Amrullah, mengatakan raihan 2,2 juta suara diperoleh tak lepas dari model relasi politik jangka panjang yang dilakukan La Nyalla selama bertahun-tahun di Jatim. Berbagai kelompok dan komunitas telah didampingi serta diadvokasi La Nyalla beserta jaringannya selama bertahun-tahun.

"Karena Pak La Nyalla datang bukan hanya saat mau pemilu. Selama ini bersama para pelaku UMKM, organisasi kemasyarakatan, komunitas anak muda, kelompok perempuan, guru ngaji, organisasi petani dan nelayan, asosiasi pengusaha, dan masih banyak lagi, semuanya berkomunikasi tanpa putus, dan itu sudah bertahun-tahun," kata pria yang akrab disapa Boy itu. (mus)