Pasang Poster Terbalik, Roy Suryo Yakin Gaet Hati Milenial

Baliho Roy Suryo.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVA.co.id

VIVA – Caleg DPR Partai Demokrat untuk dapil DIY, Roy Suryo, mengakui memasang baliho dengan desain unik bertuliskan “Kader Demokrat S14P Jungkir Balik demi Rakyat Jogja”. Desain unik dipakai Roy Suryo untuk menarik perhatian kaum milenial.

Baliho berkonsep jungkir balik ini sengaja dipasang Roy Suryo di wilayah Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. Di tiga kawasan itu, kelompok milenial menjadi sasaran Roy Suryo untuk mendulang suara.

"Di Sleman, Bantul dan Kotamadya (Yogyakarta) balihonya berjungkir balik ria. Memang itu (pemilihan pemasangan baliho) berdasarkan mapping yang saya lakukan di masyarakat langsung," ujar Roy Suryo saat dihubungi, Kamis, 7 Maret 2019.

Sebagai dosen jurusan Komunikasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Roy Suryo mengaku desain jungkir balik itu memang sudah direncanakan sebelumnya. 

"Desain tersebut tidak asal tayang. Sudah melalui perencanaan. Secara desain visual, teknik jungkir balik ini termasuk teknik media luar ruang agar menarik dan tidak monoton. Ini versi eye catching," urai Roy.

Roy menilai penggunaan desain yang unik tak melanggar aturan Pemilu 2019. Selama masih menggunakan foto asli, kata Roy Suryo, editan pakai aplikasi Photoshop tak menjadi masalah.

"Besok di surat suara DPR dan DPRD besok tidak ada fotonya. Jadi mau pakai foto apa saja boleh, asal asli. Asal itu foto sendiri dan versi terbaru, bukan foto orang lain sebagaimana ada pula yang melakukan dengan teknik photoshop dengan fotonya sehingga tampak berbeda tidak masalah," kata mantan Menpora ini.

Roy melanjutkan, baliho berdesain jungkir balik ini banyak mendapatkan respons positif dari masyarakat Yogyakarta. Bahkan ada masyarakat yang menganggap baliho itu salah pasang dan langsung menghubungi Roy Suryo.

"Pertama pasang banyak yang kaget. Bahkan ada yang langsung kirim WA ke saya dan melaporkan kalau agensi pemasang baliho saya terbalik dalam memasang. Setelah saya jelaskan rata-rata mereka justru mengapresiasi desain unik dan mengena itu," kata Roy. (ase)