Kenakan Batik Merah Muda, Sultan HB X Mencoblos di TPS 15

Sultan HB X saat mencoblos di TPS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

VIVA – Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menggunakan hak pilihnya, Rabu 17 April 2019. Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di TPS 15 yang berada di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Panembahan, Kraton Yogyakarta.

Ditemani oleh GKR Hemas, Sultan HB X datang ke TPS 15 sekitar pukul 07.26 WIB. Selain ditemani oleh sang istri, Sultan HB X ditemani pula oleh keempat putri dan menantunya. Keempat putri Sultan HB X itu adalah GKR Maduretno, GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Bendara beserta keempat menantunya.

Datang ke TPS 15, Sultan HB X mengenakan batik lengan panjang berwarna merah muda. Senada dengan Sultan HB X, GKR Hemas pun mengenakan baju batik terusan berwarna merah muda.

Dari daftar Pemilih Tetap atau DPT Sultan berada di urutan 91, sementara Hemas di urutan 92, dari 285 DPT ditambah tujuh DPT tambahan. 

Sultan HB X sempat menunggu selama lebih kurang 30 menit di TPS 15 sebelum dipanggil oleh panitia pemungutan suara. Usai melakukan pengecekan kertas suara, Sultan HB X pun menuju ke bilik A untuk menggunakan hak pilihnya.

Sultan HB X berada di dalam bilik selama lebih kurang 10 menit. Usai dari bilik, Sultan HB X pun memasukkan kertas suara ke kotak suara.

Usai menggunakan hak pilihnya, Sultan HB X mengimbau pada masyarakat Yogyakarta untuk menggunakan hak suaranya.

"Saya mohon warga masyarakat Jogja yang punya hak untuk memilih," ujar Sultan HB X. (mus)