Viral Video Proses Pemakaman Kim Jong Un, Cek Dulu Faktanya

Sumber :

VIVA – Beredar video para pelayat di Korea Utara pada pemakaman pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Seperti diketahui muncul spekulasi kesehatan dan absennya Kim Jong Un. 

Akun facebook Vida Diaria menayangkan video proses pemakaman yang mengklaim sebagai jenazah Kim Jong Un. Berikut narasinya:

"Ekslusif: Adegan pemakaman Kim Jong Un"

Lalu akun facebook Multimedia KH juga menayangkan video dengan klaim sama. Namun, dengan konten video yang agak berbeda.

Terlihat para pelayat menangis dan berteriak saat sebuah peti yang terbungkus kain linen merah di atas sebuah mobil dikendarai jalan yang tertutup salju.

Verifikasi Fakta

Mengutip APnews.com, video tersebut diambil saat pemakaman Kim Jong Il pada Desember 2011. Klaim yang menyatakan Kim Jong Un mati, sebenarnya merupakan video tubuh ayahnya yang terbaring di sebuah istana di Pyongyang.

Kim Jong Il mati pada pada 17 Desember 2011. Hal ini membuat anaknya yang belum dikenal dunia, Kim Jong Un yang berusia 20 tahun memegang kekuasaan.

Sejumlah rumor yang tak terkonfirmasi berkembang seiring media memberitakan soal kesehatan Kim Jong Un. Apalagi ia juga tak terlihat sejak 15 April 2020 dan melewatkan peringatan ulang tahun kakeknya Kim Il Sung ke 108.

VIVAnews mencoba menelusuri kebenaran video tersebut dengan memasukkan kata kunci Kim Jong Un funeral. Tapi hasilnya muncul video serupa dengan yang diunggah di facebook sebagai proses pemakaman Kim Jong Il.

Diantaranya video yang diunggah akun youtube AP Archive. Pada keterangan video tersebut dijelaskan itu merupakan proses prosesi pemakaman Kim Jong Il pada Desember 2011. Sejumlah video dengan potongan video serupa yang diunggah di facebook juga memastikan itu sebagai pemakaman Kim Jong Il.

Tak ada satu pun media asing melalui akun youtube yang mengunggah klaim atau berita pemakaman Kim Jong Un.

Berdasarkan penelusuran di atas, video dengan klaim pemakaman Kim Jong Un tak benar. Konten ini masuk dalam kategori informasi yang salah.