Cek Fakta: Isu Kim Jong-Un, Relawan Uji Vaksin Corona, Efek Klorokuin

Pertemuan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un (kiri) dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (kanan) di Hanoi, Vietnam
Sumber :
  • twitter.com/@WhiteHouse

VIVA – Spekulasi tentang kematian pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, berembus kencang dalam beberapa hari selama sepekan lalu. Banyak rumor yang mengabarkan Jong-Un memang meninggal dunia tetapi sebagian yang lain menyakini pemimpin muda itu sehat walafiat.

Kabar burung tentang kondisi Jong-Un juga dikait-kaitkan dengan wabah virus corona yang Korea Utara klaim belum menjangkiti rakyat di sana.

Informasi mengenai pandemi Covid-19 masih menjadi topik utama dalam penyebaran kabar-kabar bohong dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, di antaranya penyebar virus corona, mutasi genetik virus itu, efek samping obat untuk pasien corona, sampai relawan uji vaksin yang dikabarkan tewas.

Tim redaksi VIVA Fakta telah menelusuri dan kroscek kabar-kabar itu dan mengumpulkannya berdasarkan yang paling populer selama sepekan lalu. Simak artikel-artikel selengkapnya berikut ini:


1. Pemakaman Kim Jong-Un

Beredar video para pelayat di Korea Utara dalam pemakaman pemimpin negara itu, Kim Jong-Un. Seperti diketahui muncul spekulasi kesehatan dan absennya Kim Jong Un beberapa waktu lalu. Bagaimana faktanya? 

2. Penyebar virus corona ditangkap

Beredar narasi dan foto yang dibagikan akun Facebook bernama Angkringan Bajak Laut soal penyebar virus corona ke dalam grup Anies Baswedan for President 2024 pada 28 April 2020. Tampak seseorang dengan wajah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telanjang dada dengan tangan diborgol ke belakang. 

3. Virus corona disebut buatan China

Sebuah akun Facebook bernama Karim Zaidan mengklaim bahwa virus corona tidak alami, bukan berasal dari kelelawar, melainkan hasil rekayasa. Dia menyebut China yang membuatnya. Apa sesungguhnya yang terjadi?

4. Mutasi genetik virus corona

Mutasi virus corona covid-19 telah diprediksi saat mulai menyebar ke berbagai negara. Bahkan sebuah penelitian mengklaim corona bermutasi bergantung kondisi di masing-masing negara. Benarkah?

5. Efek samping klorokuin

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mempromosikan Hydroxychloroquine atau chloroquine (klorokuin) sebagai obat untuk menangani Covid-19. Presiden Joko Widodo bahkan juga sudah memesan klorokuin dalam jumlah besar agar bisa digunakan di Indonesia untuk mengobati pasien corona.

6. Pasien corona dibuang ke laut

Akun Twitter @Naveenrajamani08 mengunggah sebuah video pada 22 April 2020 dengan klaim bahwa beberapa negara membuang jenazah pasien Covid-19 ke lautan. Akun itu juga meminta masyarakat menghindari makanan laut. Bagaimana faktanya?

7. Relawan uji vaksin corona tewas

Sebuah kabar mengejutkan diunggah ke media sosial Twitter yang mengklaim bahwa relawan uji coba vaksin Covid-19, Elisa Granato, di Inggris meninggal dunia. Padahal, vaksin itu baru saja diregistrasi dua hari sebelum kematiannya.