Hoax atau Fakta: Maradona Obesitas setelah Masa Lockdown

Tangkapan layar (screenshot) rekaman video yang menampilkan foto seorang pria gendut bertelanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek di satu lapangan.
Sumber :
  • Turnbackhoax.id

VIVA – Beredar sebuah tangkapan layar (screenshot) rekaman video yang menampilkan foto seorang pria gendut bertelanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek di satu lapangan. Foto itu diunggah oleh akun Facebook bernama Niroshan Rupashinhe dan si pria disebut legenda sepakbola Maradona.

Akun Niroshan Rupashinhe menuliskan “After lockdown … Maradona” pada foto itu yang mengasumsikan si pria gendut adalah Maradona.

HASIL CEK FAKTA

Video itu adalah video tahun 2015 dan si pria bukan Maradona. Pria dalam video yang luar biasa ini adalah aktor Argentina Roly Serrano dalam cuplikan film Youth, sebuah film drama komedi Italia oleh sutradara Italia Paolo Sorrentino yang menggambarkan sosok obesitas ‘Maradona’.

Aktor Roly Serrano juga sebentar menampilkan foto dia memerankan Maradona di akun Instagram-nya pada hari Kamis, 24 Oktober 2019.

Roly juga menambahkan keterangan pada fotonya “#tbt interpretando a @maradona en la película Italiana, Juventud de @paolosorrentino_real”.

"tbt" adalah singkatan dari Throwback Thursday. Tagar ini biasanya digunakan pada hari Kamis, dengan mengunggah beberapa foto sebelumnya.

KESIMPULAN

Foto pria tambun itu bukanlah Maradona. Video yang menampilkan aksi Roly Serrano itu juga diunggah tahun 2015, jauh sekali sebelum wabah virus corona merebak di dunia sehingga sejumlah negara menerapkan lockdown alias mengisolasi total satu negara atau kota-kota yang terjangkit Covid-19.

RUJUKAN

https://turnbackhoax.id/2020/06/08/false-video-after-lockdown-maradona/