Tugas Pertama untuk Prabowo adalah Bubarkan FPI, Cek Faktanya

Hoax perintah pertama Prabowo dari Presiden Jokowi
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar foto di media sosial yang diberi narasi sebagai berikut:

Prabowo: “TUGAS SAYA APA PAK?”
Jokowi: “TUGAS PERTAMAMU, BUBARKAN FPI DAN BASMI KADAL GURUN”
Prabowo: “SIAP,”

Hasil Cek Fakta

Dilansir cekfakta.com, berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa tugas pertama Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah membubarkan FPI dan membasmi kadal gurun adalah klaim yang salah.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai klaim tersebut. Foto asli pada Oktober 2017. Saat itu, Prabowo belum menjadi menteri. Sementara perintah pertama Presiden Jokowi ke Prabowo setelah menjadi Menhan adalah “Jangan Korupsi!”.

Foto tersebut diabadikan pada momen pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 16 Oktober 2017. Pada momen itu, di dekat Jokowi dan Prabowo, juga ada Ibu Negara, Iriana Jokowi, Wakil Presiden saat itu, Jusuf Kalla (JK), serta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sementara itu, Presiden Jokowi melantik Prabowo sebagai Menteri Pertahanan pada Rabu, 23 Oktober 2019. Jokowi meminta Prabowo untuk berhati-hati dengan anggaran negara. Prabowo kemudian menceritakan perintah yang diminta Jokowi kepadanya. Itu adalah permintaan Presiden yang akan dia laksanakan.

“Jadi sidang pertama yang dipimpin Pak Jokowi, saya senang karena dapat petunjuk pertama. Petunjuk pertama saya jangan korupsi,” ujar Prabowo.

Kesimpulan

Tidak ada informasi valid mengenai klaim tersebut. Foto asli pada Oktober 2017. Saat itu, Prabowo belum menjadi menteri. Sementara perintah pertama Presiden Jokowi ke Prabowo setelah menjadi Menhan adalah “Jangan Korupsi!”.