Cek Fakta: Jokowi Siap Memimpin 3 Periode

Hoax Jokowi siap memimpin 3 periode
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Sebuah akun Facebook M Rodexs mengunggah foto Jokowi sedang mengangkat 3 jarinya. Narasi yang terdapat dalam foto menyebutkan "Kalian Siap Saya Pimpin Tiga Periode."

Berikut kutipan narasinya:

“Selamat siang para pejuang NKRI mari kita rapatkan barisan dukung pk.jokowi 3 periode,biar Indonesia tmbh makmur gemah ripah loh jinawi seperti cita2 luhur pendiri bangsa ini.90% rakyat indonesia menginginkan pk.jokowi 3 Periode,agar bisa melanjutkan pembangunan yg sdah dicapai saat ini.Indonesia makin maju dan sukses bersama pk.Jokowi...Amiiinnn....”

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, dilansir cekfakta.com, foto tersebut merupakan foto karya jurnalis Kompas, Roderick Adrian Mozes. Foto tersebut digunakan dalam artikel berjudul Hadiri Paripurna di DPRD, Jokowi Disambut "Salam Tiga Jari" yang tayang pada 23 Juli 2014.

Keterangan di bawah foto mengatakan bahwa foto tersebut diambil saat Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) melambaikan salam tiga jari usai memberikan pidato kemenangan, di sebuah kapal pinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7/2014).

Adapun makna dari salam tiga jari ialah agar rakyat Indonesia tidak lagi menyekat nomor satu dan nomor dua setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan Jokowi dan wakilnya, Jusuf Kalla, sebagai pemimpin Indonesia.

"Lupakan nomor satu, nomor dua. Kembali pada Indonesia satu, Indonesia raya," ujar Jokowi di atas kapal pinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7/2014) malam.

Jokowi menambahkan, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kuat karena rakyatnya bersatu. Hal ini seperti bunyi sila ketiga, Persatuan Indonesia.

"Salam tiga jari, Persatuan Indonesia," kata Jokowi menutup pidatonya.

Kesimpulan

Foto tersebut diambil dari berita Kompas yang berjudul "Hadiri Paripurna di DPRD, Jokowi Disambut Salam Tiga Jari" yang tayang pada 23 Juli 2014. Foto tersebut diambil oleh Fotografer Kompas Rodrick Adrian Mozes. Isyarat tiga pada jari Jokowi merupakan salam tiga jari bukan tiga periode.