Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Cek Fakta: 10 Klaim Hadi Pranoto yang Mengaku Temukan Obat COVID-19

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 14:55 WIB
Foto :
  • Turnbackhoax.id
Tangkapan layar (screenshot) foto pria bernama Hadi Pranoto yang mengaku menemukan obat untuk COVID-19.

VIVA – Pada tanggal 31 Juli lalu, akun YouTube @duniamanji mengunggah sebuah video Anji mewawancarai seseorang bernama Hadi Pranoto yang mengaku sebagai profesor dan ahli mikrobiologi. Meski telah dihapus oleh YouTube, videonya telah tersebar ke berbagai media, salah satunya Facebook milik Anji (Anji Manji).

Dalam wawancara itu, Hadi mengklaim, mulai dari menemukan obat COVID-19, dosen di perguruan tinggi, cara membunuh virus corona, pengujian COVID-19 melalui teknologi digital dan keringat, ketidakgunaan masker, dan lain-lain.

Baca Juga

HASIL CEK FAKTA

Hampir semua klaim itu keliru atau dipatahkan, berdasarkan pemeriksaan fakta-fakta, sebagaimana dilansir dari Turnbackhoax.id. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Mengaku bergelar profesor dan Ketua Tim Riset Formula Antibodi COVID-19

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di website Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) ada nama Hadi Pranoto dengan gelar akademik doktor (Dr) lulusan S3 Institut Pertanian Bogor (IPB). Namun foto Hadi Pranoto di website Dikti tersebut berbeda dengan Hadi Pranoto yang tampil di YouTube musisi Anji.

Saat dikonfirmasi mengenai latar belakang pendidikan S-3 dari IPB atas nama Hadi Pranoto di data Dikti, Hadi Pranoto membenarkannya. “Iya,” kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com via WhatsApp mengenai pendidikan terakhirnya tersebut, Senin (3/8/2020).

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi IPB University Yatri Indah Kusumastuti melalui rilis ke Kompas.com membantah jika Hadi Pranoto lulusan S3 IPB. “Menurut penelusuran di internal institusi kami, sosok Hadi Pranoto yang dimaksud Kompas.com adalah orang yang berbeda dengan Hadi Pranoto yang merupakan alumnus IPB (saat ini dosen Universitas Mulawarman). Nama sama, tetapi beda orang,” tulis Yatri dalam rilis, Senin (3/8/2020).

2. Dosen di Universitas Mulawarman

Hadi Pranoto yang merupakan dosen di Universitas Mulawarman menegaskan jika ia bukanlah Hadi Pranoto yang tampil di YouTube musisi Anji. “Dari fotonya juga bukan saya, terus bidang keahliannya juga bukan saya, dia (Hadi yang viral di YouTube musisi Anji) itu kan ngomongnya profesor dan bidang keahliannya Mikrobiologi, sedangkan saya bidangnya Agroforestri dan dosen Fakultas Pertanian dan saya alumni IPB S3, S1 UMM Malang, S2 Mulawarman Samarinda,” bebernya.

3. Bahwa dia telah menemukan cairan antibodi COVID-19

Jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menegaskan obat herbal yang diatur di Indonesia terdiri dari jamu, obat herbal berstandar, dan fitofarmaka. Dia meminta masyarakat jeli dan memeriksa apakah obat itu sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau Kementerian Kesehatan. “Apabila ramuan herbal tersebut masih dalam tahap penelitian dan belum ada bukti ilmiah tentang keamanan dan efektivitasnya, maka tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat,” ucap Wiku.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan yang pernah menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menganggap klaim tersebut sebagai pembodohan. Menurut Yuri, ada sejumlah hal yang tidak dijelaskan dalam klaim obat COVID-19 yang disampaikan Hadi Pranoto. Ia meminta Hadi Pranoto untuk datang kepada pemerintah jika memang benar-benar telah menemukan obat untuk COVID-19. “Kalau memang dia menemukan, suruh datang ke pemerintah dan suruh menunjukkan buktinya,” papar Yuri.

4. Virus corona baru bisa mati jika terkena panas hingga 350 derajat celsius

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler