Penampakan Baju Putih Usai Kebakaran Kejaksaan Agung, Cek Faktanya

Beredar penampakan baju putih tangan di belakang usai kebakaran Kejaksaan Agung.
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Cahaya Mulya (fb.com/100042322210356) mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Penampakan baju putih tangan ke belakang setelah tragedi kebakaran. Kenapa bukan pas kebakaran dia disitu ya”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim adanya penampakan seseorang dengan yang mengenakan baju putih dengan tangan ke belakang di gedung Kejaksaan Agung yang terbakar adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto editan atau suntingan. Di foto identik yang beredar, tidak ditemukan ada penampakan orang dengan baju putih yang dimaksud. Foto asli pria berbaju putih itu adalah foto ketika Presiden Jokowi meninjau kebakaran di penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau pada tahun 2019.

Dikutip dari Medcom.id, berdasarkan foto identik yang dimuat di artikel berita di situs okezone.com dan jawapos.com, sama sekali tidak terlihat adanya penampakan seseorang dengan yang mengenakan baju putih dengan tangan ke belakang gedung Kejaksaan Agung yang terbakar.

Sementara itu, foto Presiden Joko Widodo meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9/2019) salah satunya dimuat di situs kompas.com di artikel berjudul “Kunjungan Jokowi di Riau, Rapat hingga Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan”.

Kesimpulan

Foto editan/suntingan. Di foto identik yang beredar, tidak ditemukan ada penampakan orang dengan baju putih yang dimaksud. Foto asli pria berbaju putih itu adalah foto ketika Presiden Jokowi meninjau kebakaran di penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau pada tahun 2019.