Video Gedung KPK Kebakaran, Cek Faktanya

Hoax gedung KPK kebakaran
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA â€“ Sebuah akun Facebook bernama Iin Lebay membagikan video berdurasi 49 detik dengan tulisan; “Bkn kebakaran... Tapi lgi pemutihan :joy::joy::joy: KEREN lgi gedung KPK nya ikutan kebakar :laughing::laughing::laughing:”

Hasil Cek Fakta

Sedangkan dalam video yang dibagikannya, dilansir cekfakta.com, perekam video tersebut mengatakan "Hey abang-abang tanggal 22 Agustus jam 7 malam terjadi kebakaran di Gedung Kejaksaan Blok M. Untuk yang melintas untuk mencari jalur lain dulu ya, karena pasti akan terjadi penutupan jalan di sini. Untuk sementara ini blanwir belum sampai di lokasi, sementara diamankan oleh petugas setempat untuk clear area.”

Adapun klaim mengenai pemutihan, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Hari Setiono mengatakan gedung yang terbakar adalah lantai 5 dan 6 yang merupakan wilayah kerja biro kepegawaian. "Itu data kepegawaian, ada beberapa biro yang ada di bidang pembinaan. tidak ada berkas penanganan perkara di sana, korupsi khusus maupun umum," kata Hari saat dihubungi CNN Indonesia, Sabtu (22/8).

Hari mengklaim berkas perkara kasus tindak pidana khusus atau korupsi tidak ada yang terbakar pasca kebakaran hebat Gedung Kejaksaan Agung di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Sabtu (22/8/2020) malam. "Berkas perkara yang terkait tindak pidana korupsi 100 persen aman tidak ada masalah," kata Hari di Kejagung, Minggu (23/8/2020).

Sehingga, klaim kebakaran gedung KPK karena pemutihan perkara tidak benar. Faktanya, dalam tayangan video tersebut merupakan kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kesimpulan

Hoaks ini termasuk dalam kategori konten yang salah karena narasi yang disampaikan berbeda dengan video yang ditampilkan.