Masker Dapat Menyebabkan Infeksi Staph, Cek Faktanya

Hoax yang menyebut masker menyebabkan infeksi staph
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar status dari akun Facebook Leigh Dundas dengan sebuah foto berisikan foto beberapa orang dan narasi berisikan klaim bahwa pemakaian masker dapat menyebabkan infeksi Staph atau juga disebut sebagai Staphylococcus. Postingan ini telah dikomentari sebanyak 231 kali dan disebarkan kembali sekiatr 1100 kali.

Berikut narasinya: 

“For those of you who continue to assert that wearing a mask is perfectly healthy – and that they are not Petri dishes and breeding grounds for all manner of bacteria and virus particles – please see Exhibit A, below.”

Jika diterjemahkan akan berbunyi seperti ini:

”Bagi Anda yang terus menegaskan bahwa memakai masker itu sangat sehat – dan bahwa masker itu bukan cawan Petri dan tempat berkembang biak bagi semua jenis bakteri dan partikel virus – lihat Tampilan A, di bawah.”

Hasil Cek Fakta

Dilansir turnbackhoax.id, berdasarkan dari artikel periksa fakta leadstories.com, salah satu dari kumpulan foto pada postingan tersebut terdapat foto yang tidak berhubungan dengan infeksi Staph. Ketika ditelusuri ternyata foto tersebut adalah foto dari tenaga medis dengan beberapa bekas pada kulit akibat penggunaan peralatan medis selama di rumah sakit di Italia yang diposting di Twitter pada 25 Maret 2020.

Laporan terjadinya infeksi Staph dikarenakan pemakaian masker belum pernah ada tetapi beberapa laporan terjadinya iritasi kulit dan luka tekan pada kulit. Dr. John Soderberg menjelaskan bahwa penggunaan masker tidak menyebabkan infeksi Staph. Sekarang ini sebagian orang adalah pembawa Staph pada saluran hidung sehingga orang tersebut berpotensi untuk lebih banyak infeksi staph dari pemakaian masker, secara potensial tetapi tidak secara keseluruhan.

Kesimpulan

Klaim tersebut tidak benar, tidak ada laporan infeksi Staph dikarenakan pemakaian masker. Beberapa laporan yang ada tentang penggunaan masker ini adalah seputar luka tekan pada kulit dan iritasi kulit, bukan infeksi Staph.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim memakai masker dapat menyebabkan infeksi Staph adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang menyesatkan atau Misleading Content.