PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI demi Utuhnya Pancasila, Cek Faktanya

Hoax PDIP buka opsi bubarkan MUI demi utuhnya Pancasila
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Meli Berlin mengunggah status pada 04/9/2020 berupa tangkapan layar pemberitaan berjudul “PDIP BUKA OPSI BUBARKAN MUI DEMI UTUHNYA PANCASILA” beserta tagar #BubarkanPDIP.

Berikut narasinya:

“Saya gak butuh like saya butuh tagar.. Bro..!!
#BubarkanPDIP.”

“PDIP BUKA OPSI BUBARKAN MUI DEMI UTUHNYA PANCASILA”

Hasil Cek Fakta

Dari hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, diketahui gambar tersebut sudah melalui tahap penyuntingan sebelumnya. Artikel asli berjudul “Junimart Buka Opsi Bubarkan IPDN, Demi Kemanusiaan” yang tayang di situs berita gonews.co pada tanggal 03/9/2020. 

Dalam artikel asli dibahas mengenai usulan Jumimart Girsang, legislator partai PDI Perjuangan, untuk membubarkan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) karena persoalan makanan yang tidak layak di sekolah kedinasan tersebut.

“Dari segi kemanusiaan, saya sudah bilang dari kemarin, bubarkan saja IPDN! Makannya itu lebih sejahtera yang di Lapas. Saya sudah ke IPDN Jakarta,” kata Jumimart dalam rapat Komisi II DPR RI Bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Gedung DPR RI, Rabu (02/9/2020).

Dilansir dari dpr.go.id, Pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI yang digelar tanggal 02/9/2020, pembahasan berfokus pada arah kebijakan rencana program anggaran tahun 2021 Kemendagri. Tidak terdapat pembahasan mengenai pembubaran MUI pada agenda rapat maupun pada artikel asli. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Gambar suntingan atau editan. Artikel asli berjudul “Junimart Buka Opsi Bubarkan IPDN, Demi Kemanusiaan”. Tidak ada pembahasan mengenai pembubaran MUI dalam artikel.