Password WiFi Gratis di Jakarta #ANIESKEREN, Cek Faktanya

Hoax password WiFi di Jakarta #ANIESKEREN
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Ujang KW mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan tulisan “Wifi Gratis di Jakarta Passwordnya #ANIESKEREN Cebong Ngetiknya Malu-Malu”. Ada juga narasi lainnya di dalam satu gambar.

Berikut narasinya:

Wifi gratis Jakarta
PASSWORD
#ANIESKEREN
:grinning:

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, dilansir cekfakta.com, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Provinsi DKI Jakarta, Bima Agung, mengatakan pihaknya tidak menemukan ada WiFi gratis di Jakarta yang menggunakan password #ANIESKEREN. Bahkan, Bima menjelaskan bahwa ada beberapa titik WiFi yang tidak menggunakan password.

“Kalau di balai warga kita serahkan kepada RW untuk mengelolanya. Kalau dia (yang mengunggah) menyebut titik lokasinya bisa kami lacak,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program ‘Internet Untuk Semua – JakWIFI’ pada 28 Agustus 2020 lalu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penyediaan WiFi gratis yang tersebar di enam wilayah administrasi DKI Jakarta.

Saat ini, tersedia 4.956 titik akses internet di Jakarta yang sedang ditingkatkan kapasitasnya secara bertahap. Perluasan penyediaan akses internet ini ditargetkan lebih dari 9.000 titik selama dua bulan ke depan.

Perluasan penyediaan akses internet tersebut melalui tiga skema, yaitu melalui layanan Pemprov DKI Jakarta di gedung pemerintahan, taman, RPTRA, sekolah-sekolah negeri, dan daerah-daerah yang tidak terjangkau atau tidak diminati penyedia layanan internet gratis.

Sehingga, klaim mengenai password WiFi #ANIESKEREN di Jakarta adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan karena pihak pengelola informasi publik di Jakarta tidak menemukan adanya WiFi gratis yang menggunakan password tersebut di Jakarta.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta).

Informasi tersebut salah. Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Provinsi DKI Jakarta, Bima Agung, mengatakan pihaknya tidak menemukan ada WiFi gratis di Jakarta yang menggunakan password tersebut. Bahkan, dijelaskan Bima, ada WiFi di beberapa titik yang tidak menggunakan password.