Din Syamsuddin Bertujuan Ingin Geser Ma'ruf Amin, Cek Faktanya

Hoax Din Syamsuddin bersedia jadi cawpres Jokowi
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Facebook bernama Cho Klo Ian mengunggah gambar tangkapan layar dari artikel kompas.com berjudul “Tanpa Basa-basi, Din Syamsuddin Bersedia Jadi Cawapres Bagi Jokowi” yang tayang pada 4 agustus 2018. Dalam unggahannya akun tersebut menambahkan narasi bahwa Din Syamsuddin bertujuan untuk menggeser Maruf Amin sebagai Wakil Presiden.

Berikut narasinya:

“Tujuannya mau geser kiai Maruf Amin yah?”

Hasil Cek Fakta

Dilansir turnbackhoax.id, seperti diketahui pada 18 agutus 2020 lalu, Din Syamsuddin dan sejumlah tokoh mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digelar di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka menyebut KAMI sebagai gerakan moral yang berjuang demi mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera.

Namun deklarasi tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan artikel dari kompas.com yang tayang pada 4 agustus 2018 seperti pada tangkapan layar. Dalam artikel tersebut berisi pernyataan Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang bersedia jika diminta menjadi calon wakil presiden mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019.

Nama Din Syamsuddin sendiri masuk dalam bursa salah satu cawapres bagi Jokowi. Namun pada tanggal 9 agustus 2018, Jokowi akhirnya resmi mengumumkan bahwa yang akan mendampinginya sebagai Cawapres periode 2019 – 2024 adalah KH Maruf Amin yang merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kesimpulan

Berdasarkan penejelasan di atas maka unggahan dari akun Cho Klo Ian masuk dalam kategori Konten Yang Salah karena artikel tayang pada 2018 dan sebelum Jokowi mengumumkan KH Maruf Amin sebagai Cawapresnya.