Cek Fakta: Ma’ruf Amin Ajak Nonton Paha melalui K-pop dan Drakor

Tangkapan layar (screen shot) akun Facebook yang mengunggah artikel berita sebuah media online dengan narasi bahwa Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak masyarakat berbuat maksiat.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Bundane Kiki mengunggah konten video pidato Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenai musik bergenre pop-Korea alias K-pop dan drama Korea alias drakor dengan cuplikan pemberitaan dari Gelora.co berjudul “Ma'ruf Amin: K-Pop dan Drakor Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Kenalkan Budaya RI.” Konten itu juga disertai narasi yang menyatakan bahwa Ma’ruf Amin mengajak orang untuk menonton paha, yang dapat dimaknai ajakan berbuat maksiat karena menonton aurat perempuan.

Berikut kutipan narasinya:

“Ternyata ini gunanya Wapres Ulama
Jarang Ngomong ???????? Pas Sekali Ngomong
NGAJAK ORANG NONTON PAHA????????????????????????. Ini sudah tidak pantas di sebut Khiayi Sudah luar dari Syariat ISLAM.
INNALILLAHIWA INNAILAIHIROJIUUN 
ASTAGFIRULLOHAL ADZIM YAA ALLAH”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, klaim narasi unggahan itu merupakan pelintiran konteks pernyataan Ma’ruf Amin. Dalam artikel Gelora.co berjudul “Ma'ruf Amin: K-Pop dan Drakor Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Kenalkan Budaya RI” yang dipublikasikan pada 20 September 2020, tidak ditemukan pernyataan Ma’ruf mengajak orang menonton paha.

Pernyataan Ma’ruf tentang K-pop dan drama Korea ialah Ma'ruf Amin ingin anak muda Indonesia berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri di dunia dengan terinspirasi dari K-pop dan drama Korea.

Menurutnya, budaya Korea yang didiseminasi di Indonesia melalui K-pop dan K-Drama (film drama Korea) memiliki potensi meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam membawa budaya RI 'go international'.

"Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis K-Pop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya K-Pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri," kata Ma’ruf.

KESIMPULAN

Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak mengajak orang untuk menonton paha alias berbuat maksiat. Konteks pemberitaan sebenarnya ialah Ma'ruf Amin ingin anak muda Indonesia berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri di dunia internasional dengan terinspirasi dari K-pop dan drama Korea.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/5048