Foto Ma'ruf Amin Anak K-Pop Drakor, Cek Faktanya

Hoax Ma'ruf Amin anak K-Pop Drakor
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Facebook bernama Jokbui mengunggah status pada tanggal 23/9/2020 di grup Facebook ‘WAJAH SIDIMPUAN’ berupa foto Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan narasi “ANAK K-POP DRAKOR”. 

Foto tersebut juga mencantumkan tangkapan layar pemberitaan media dengan judul “Ma’ruf Amin Harap K-Pop Jadi Insprirasi Anak Muda Indonesia Berkreasi.”

Foto tersebut juga diberi narasi sebagai berikut:

“Ma,af mantan ulama????????????ini akibat ulahmu.”
“ANAK K-POP DRAKOR”

Penjelasan

Dari hasil penelusuran foto tersebut telah diperiksa kebenarannya oleh turnbackhoax.id dengan artikel berjudul ‘[SALAH] “Dibuang Sajaa”’ yang tayang tanggal 19/5/2019 dan pada artikel berjudul ‘[SALAH] “Info orang hilang Ciri2 wapres”’ tanggal 30/1/2020 lalu. 

Dari kedua artikel tersebut diketahui foto asli berasal dari unggahan akun Instagram bernama ‘Jannik’ (@jaadiee) pada tanggal 09/1/2019. Foto tersebut telah melalui proses penyuntingan pada bagian wajahnya dengan diganti wajah Ma’ruf Amin.

Sementara narasi yang menyebut Ma’ruf Amin ‘Anak K-Pop Drakor’ berasal dari video pernyataan beliau yang mengharapkan tren K-Pop menjadi inspirasi anak muda Indonesia dalam berkreasi seperti pada tangkapan layar pemberitaan detik.com yang dicantumkan dalam gambar. 

Video tersebut diambil pada peringatan 100 Tahun Kedatangan Orang Korea di Indonesia, Minggu (20/9/2020). Pada pemberitaan tersebut dituliskan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai tren K-Pop dan Drama Korea yang menjamur jadi potensi dan inspirasi bagi generasi muda Indonesia dalam membawa budaya Indonesia ke kancah internasional.

“Maraknya budaya K-pop diharapkan juga dapat menginspirasi kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” kata Ma’ruf.

Ma'ruf berharap hubungan dua negara semakin memberi manfaat bagi kedua warga negara tersebut. Dari hasil penelusuran tidak terdapat keterangan yang menyebutkan Ma’ruf Amin menggemari tren K-Pop. 

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia). Informasi yang salah. Hasil periksa Gambar suntingan atau editan. Foto asli adalah milik akun Instagram bernama ‘Jannik’. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.