Foto Anies Berendam di Sungai Penuh Sampah, Cek Faktanya

Hoax Anies Baswedan berendam di sungai penuh sampah
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar postingan dari akun Facebook Agus Giro Bertho berupa sebuah foto Anies Baswedan berendam di sebuah sungai yang penuh sampah.

Berikut narasinya:

“Latihan khusus seblum masuk organisasi KAMI…rambo menangis melihat ini.
ketawa_tak_blokir????”

Penjelasan

Dilansir turnbackhoax.id, berdasarkan penelusuran terhadap foto tersebut mengarah ke sebuah artikel berita dari https://theconversation.com yang dipublikasi pada 17 November 2017. Terlampir pada artikel tersebut berupa foto anak yang berendam di sungai penuh sampah yang diketahui berada di sungai Yamuna, New Delhi di India.

Menurut artikel dari observers.france24.com, sungai tersebut tercemar oleh banyaknya pabrik dan industri kain pada daerah tersebut sehingga menyebabkan polusi dengan level yang membahayakan. 

Sungai tersebut ternyata juga tempat warga lokal untuk melakukan tradisi untuk melempar bunga ke sungai sebagai bentuk persembahan, tetapi bunga-bunga tersebut mengandung pestisida dan bahan kimia sehingga turut memcemarkan sungai.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan tersebut, foto Anies Baswedan berendam di sebuah sungai yang penuh sampah adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang dimanipulasi/Manipulated Content.