Cek Fakta: Video Mike Tyson Salat di Kafe Terlarang untuk Muslim

Tangkapan layar (screen shot) akun Facebook yang mengunggah foto dengan klaim bahwa Mike Tyson salat di sebuah kafe yang pemiliknya melarang Muslim masuk ke sana.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Dasad Latif (fb.com/dasad.latif) mengunggah sebuah video yang memperlihatkan tiga orang sedang beribadah salat dengan narasi sebagai berikut:

“USIIRMAKO
Pemilik caffee di tegah kota Los Ageles menuliskan di depan pintu Caffee nya kalau orang muslim dilarang masuk. Tapi ketiga Orang muslim ini tak peduli mereka masuk ke dlm Caffee tidak membeli apa apa tapi langsung meletak kan sajadah dan langsung sholat Ashar pemilik Caffee ,securities dan pegawainya hanya terdiam dan tak bisa berbuat apa apa cuma bisa menyaksikan tanpa mengeluarkan kata kata, mereka terlalu takut untuk membuka mulutnya.

Ketiga orang itu adalah: Mantan juara tinju kelas berat dunia yg sangat tersohor Mike Tyson dan present word Boxing champion Sweden Bado jack dan imam sholatnya present world kick boxing campion Aamar Abddallah”

Mike tyson

Pemilik caffee di tegah kota Los Ageles menuliskan di depan pintu Caffee nya kalau orang muslim dilarang masuk.

Tapi ketiga Orang muslim ini tak peduli mereka masuk ke dlm Caffee tidak membeli apa apa tapi langsung meletak kan sajadah dan langsung sholat Ashar berjamaah.. pemilik Caffee ,securities dan pegawainya hanya terdiam dan tak bisa berbuat apa apa cuma bisa menyaksikan tanpa mengeluarkan kata kata, mereka terlalu takut untuk membuka mulutnya.

Ini tepatnya ketiga orang tsb :

Ketiga orang itu adalah:

Makmum kanan :

Mantan juara tinju kelas berat dunia yg sangat tersohor Mike Tyson alias Malik Abdul Aziz dan Makmum kiri : Present Word Boxing champion Sweden Bado jack dan imam sholat :

Present World Kick Boxing Champion Aamar Abddallah

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim video Mike Tyson, Badou Jack dan Amer Abdallah salat di sebuah kafe yang pemilik kafenya melarang orang muslim masuk ke kafenya adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu direkam di kantor perkebunan ganja milik Mike Tyson yang bernama Tyson Ranch, di California, Amerika Serikat, pada 23 Agustus 2020.

Dilansir dari situs INews, Tyson salat berjemaah bersama rekan petinju Badou Jack. Mereka dipimpin manajernya Amer Abdallah. Mereka terlihat khusyuk melaksanakan salat. Jack mengunggah momen itu di Twitter pada 23 Agustus 2020.

“Kami dalam persiapan untuk pertarungan Jack pada 28 November. Kami menghabiskan akhir pekan di Big Bear, California untuk mendapatkan pelatihan ringan dan istirahat sejenak dari Las Vegas,” kata Abdallah dikutip Esquireme, Selasa (25/8/2020).

“Ketika kami pertama kali tiba, saya bertanya kepada Tyson di mana saya bisa pergi untuk salat. Dia berkata, saya akan salat dengan Anda,” ujarnya.

Selain pernyataan Abdallah, bukti video itu direkam di Tyson Ranch adalah logo Tyson Ranch yang terpasang di dinding di belakang ketiga orang tersebut. Foto yang menunjukkan logo di dinding yang identik pernah diunggah di akun instagram terverifikasi milik Tyson Ranch:tm: pada 31 Oktober 2019.

KESIMPULAN

Video itu direkam di kantor perkebunan ganja milik Mike Tyson yang bernama Tyson Ranch, di California, Amerika Serikat pada 23 Agustus 2020.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/5315