Penyanyi Drake Meninggal Dunia, Cek Faktanya

Hoax penyanyi Drake meninggal dunia
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Pengguna Twitter 0rnis mengunggah sebuah hasil tangkapan layar (14/11) situs genius.com yang memberitakan kabar bahwa penyanyi Drake telah meninggal dunia. Unggahan tersebut juga disertai dengan tagar #RIPDrake.

Narasi:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Aku benar-benar merasa sedih. Beristirahatlah dengan tenang Drake, #RIPDrake”

Narasi dalam gambar:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Keluarga Drake Merilis Pernyataan bahwa Drake telah Meninggal Dunia”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, genius.com tidak pernah mengunggah berita bahwa Drake telah meninggal dunia. Lebih lanjut, baik perwakilan dari Drake maupun situs media terpercaya lainnya tidak pernah merilis pernyataan bahwa Drake telah meninggal dunia. 

Pihak Twitter juga telah memberi bantahan pada tagar #RIPDrake yang sempat menjadi tren Twitter di Amerika Serikat, bahwa Drake tidak meninggal dunia. Drake sendiri masih aktif di media sosial Instagram miliknya, champagnepapi, dan sempat mengunggah sebuah Instagram story pada 15 November 2020 waktu setempat.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Snopes dengan judul artikel ‘No, Drake is Not Dead’ dan mengategorikannya sebagai false.

Kesimpulan

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Twitter 0rnis dapat dikategorikan sebagai konten palsu/fabricated content.