Foto Jokowi Makan Codot dan Cunyuk Panggang, Cek Faktanya

Foto hoax Jokowi makan codot
Sumber :
  • Turnbackhoax

VIVA – Akun Facebook Joe Yehuda Tambunan mengunggah foto Presiden Jokowi yang nempelkan logo Metro News. Foto yang dipostingnya saat Jokowi tengah memakan sesuatu yang menyudutkan orang nomor satu di Indonesia itu.

Dikutip dari situs Turnbackhoax.id, Kamis 17 Juni 2021, akun tersebut mengunggah Jokowi tengah memakan codot panggang dan cunyuk panggang dengan narasi sebagai berikut:

“Halelluyaa..fuji Yahweh perkasa.
Kontradiksi banget yaa..???”

Penjelasan

Beredar informasi dari akun Facebook Joe Yehuda Tambunan berupa beberapa tangkapan layar dengan logo Metro News berupa foto Jokowi sedang memakan codot panggang dan cunyuk panggang. Postingan tersebut disukai 3 kali dan dikomentari 4 kali.

Hoax ini sudah beredar sejak tahun 2017, foto Jokowi yang sedang makan sate pertama kali muncul dari sebuah blog yaitu ponorogokomunitasonline.blogspot.com pada 20 Agustus 2013, terdapat foto serupa dan dijelaskan pada blog tersebut bahwa Jokowi sedang memakan sate ayam Ponorogo Haji Tukri. Pada waktu tersebut Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Metro News juga tidak pernah merilis artikel tersebut yang mengklaim Jokowi memakan codot dan cunyuk panggang.

Kesimpulan 

Melihat dari penjelasan tersebut, artikel dari Metro News dengan foto Jokowi memakan codot dan cunyuk panggang adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.