Jokowi Siap Pimpin 3 Periode, Cek Faktanya

Foto hoax Jokowi tiga periode
Sumber :
  • Turnbackhoax

VIVA – Akun Facebook Mochtar Nameh memposting foto Presiden Jokowi dengan salam 3 jari. Namun akun tersbeut mengkaitkan makna tiga jari itu dengan narasi tiga periode.

Dikutip VIVA dari situs turnbackhoax.id, Rabu 23 Juni 2021, akun tersebut menyematkan narasi dan narasi “SIIAAAPPPP PAK.. Sampai selamanya juga saya siap..”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang mengangkat 3 jarinya dengan narasi “Kalian Siap saya pimpin Tiga Periode” merupakan konten yang salah.

Faktanya, gambar itu merupakan hoaks lama beredar kembali. Gambartersebut adalah hasil editan dari foto asli Jokowi yang sedang bersama JK usai memberikan pidato kemenangan pada Pilpres 2014. Isyarat tiga pada jari Jokowi merupakan salam tiga jari yang merupakan perwujudan dari sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia bukan tiga periode.

Sebelumnya, klaim ini sudah diperiksa dua kali oleh pemeriksa fakta MAFINDO di artikel berjudul “[SALAH] Foto Jokowi Siap Memimpin 3 Periode” dan artikel berjudul “[SALAH] “Jokowi Siap Pimpin 3 Periode” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 1 Agustus 2020 dan 30 Oktober 2020.

Dikutip dari dua artikel ini, foto tersebut salah satunya dimuat di artikel berjudul “Hadiri Paripurna di DPRD, Jokowi Disambut “Salam Tiga Jari” yang terbit di situs Kompas pada 23 Juli 2014. Berikut keterangan foto itu: “Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) melambaikan salam tiga jari usai memberikan pidato kemenangan, di sebuah kapal pinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7/2014).

Berdasarkan rekapitulasi suara yang dihitung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi-JK unggul di Pilpres 2014 atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES(RODERICK ADRIAN MOZES)”

Selain itu dikutip dari Merdeka.com, sebagai penutup pidatonya saat itu, Jokowi sempat menyampaikan untuk melupakan atribut nomor kampanye dan kembali bersatu usai pelaksanaan pemilu presiden 2014.

“Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kita kuat. Salam tiga jari, Persatuan Indonesia,” ucap Jokowi sambil mengacungkan tiga jari.

Sementara itu, Juru bicara tim pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) saat itu, Anies Baswedan menjelaskan mengenai makna dari salam tiga jari yang dimaksudkan oleh Jokowi. Dia mengungkapkan, salam tiga jari adalah perwujudan dari sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia.

“Sila ketiga kita itu kan persatuan Indonesia. Biar lebih mudah maka jadi salam tiga jari,” ungkapnya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (23/7/2014).

Kesimpulan

Foto salam 3 jari Jokowi yang diposting akun tersebut masuk dalam konten yang salah