Petugas Bawa Peti Jenazah Gubernur DKI Anies Baswedan, Cek Faktanya

Anies Baswedan saat diwawancarai live oleh Metro TV
Sumber :
  • YouTube Metro TV

VIVA – Beredar video berjudul “BERITA VIRAL ~ VIRAL..!! BIKIN WARGA NGAMUK NGAMUK HINGGA ANIES BERAKHIR BEGINI ~ BERITA TERBARU” yang diunggah di kanal Youtube TEROPONG ISTANA pada 8 Juli 2021.

Di gambar thumbnail video tersebut, terdapat foto proses pemakaman dan seseorang tengah membawa foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto di sampingnya petugas berpakaian lengkap APD menggotong peti jenazah dari ambulans. Terdapat juga narasi “Semoga Husnul Hotimah…”, “Peti Jenazah Gubernur DKI”, “Warga Ngamuk Hingga Anies Jadi Begini.”

Penjelasan

Dilansir dari turnbackhoax.id, berdasarkan hasil penelusuran, adanya gambar yang diklaim sebagai peti jenazah Gubernur DKI merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, kedua foto yang ada di gambar thumbnail video itu adalah dua peristiwa yang berbeda. Foto pertama adalah prosesi pemakaman almarhum musisi Glenn Fredly yang fotonya diganti dengan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto kedua adalah foto tukang pikul jenazah di TPU Cikadut, Bandung.

Foto yang pertama, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Suasana Haru Iringi Pemakaman Glenn Fredly” yang terbit di situs Medcom.id pada 9 April 2020. Sementara foto kedua dimuat di artikel berjudul “Pengupahan Tak Jelas, Tukang Pikul Jenazah di TPU Cikadut Mogok Lagi” yang terbit di situs Detik.com pada 21 April 2021.

Selain itu, dilansir dari Medcom, dalam video berdurasi 10 menit 3 detik itu, sama sekali tidak ada informasi atau narasi Anies Baswedan meninggal.

Kesimpulan

Kedua foto yang ada di gambar thumbnail video itu adalah dua peristiwa yang berbeda. Foto pertama adalah prosesi pemakaman almarhum musisi Glenn Fredly yang fotonya diganti dengan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto kedua adalah foto tukang pikul jenazah di TPU Cikadut, Bandung.