Anang Hermansyah Meninggal Dunia, Cek Faktanya

Anang Hermansyah
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar sebuah postingan berupa tangkapan layar yang menampilkan wajah musisi terkenal Indonesia, Anang Hermansyah. Postingan tersebut diunggah oleh akun bernama Siti melalui sebuah grup Facebook pada tanggal 27 juni 2021.

Dalam postingan tersebut, dikabarkan bahwa musisi Anang Hermansyah telah meninggal dunia dibubuhi dengan ucapan bela sungkawa dari akun Siti tersebut.

“Berita Duka..InnaIiIahi SeIamat Jalan Untuk SeIamanya, Anang Hermansyah “Semoga Seluruh Keluarga Diberi Ketabahan Dan Ikhlas,” demikian narasinya.

Penjelasan

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah ditelusuri, nyatanya informasi tersebut tidak benar. Faktanya hingga saat ini Anang masih melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Adapun terkait foto dalam unggahan memang benar adanya dan bukan merupakan editan, foto yang dipergunakan dalam unggahan akun Siti adalah saat Anang Hermansyah melakukan operasi di pulau Bali pada tanggal 23 Oktober 2020.

Juga dalam sebuah unggahan melalui akun resmi Anang Hermansyah @ananghijau pada tanggal 29 juni kemarin. Unggahan tersebut berisikan video saat putranya akan melakukan sesi foto produk milik mereka, terdengar jelas suara Anang Hermansyah yang memberikan arahan kepada anaknya. Istrinya, Ashanty juga telah mengkonfirmasi bahwa berita yang menyatakan bahwa Anang Hermansyah telah meninggal tersebut tidak benar. Ashanty juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial.

Kesimpulan

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook terkait kabar meninggalnya musisi tanah air Anang Hermansyah adalah tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk), faktanya Anang masih melakukan aktivitas seperti biasanya.