Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 2 Agustus 2018 | 06:36 WIB

Menjamah Masa Depan di GIIAS 2018

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Yunisa Herawati
Foto :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Pameran otomotif kelas dunia, GIIAS

VIVA – Dunia otomotif tidak melulu mengenai mobil keluarga terbaru atau sepeda motor dengan desain kekinian yang bakal menjawab keinginan konsumen. Banyak sisi lain yang juga tidak kalah menarik, seperti perkembangan teknologinya atau penemuan baru dalam bidang keselamatan di jalan raya.

Namun, tidak dipungkiri bahwa produk anyar menjadi magnet di setiap pameran otomotif. Masyarakat selalu ingin tahu, sejauh mana produsen berhasil mengembangkan kendaraan yang sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga

Itu sebabnya, pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, konsep jualan dan pameran teknologi digabungkan menjadi satu. Dalam pameran tersebut, pengunjung bisa melihat langsung fitur-fitur canggih yang selama ini hanya mereka baca di media massa.

Salah satu teknologi yang akan dipajang di GIIAS 2018 adalah deaktivasi ruang pembakaran mesin. Dengan cara ini, penggunaan bahan bakar bisa dihemat 10-20 persen tanpa mengorbankan performa.

Cara kerjanya adalah dengan menonaktifkan sebagian dari ruang bakar yang tersedia di mesin. Contohnya, mesin empat silinder hanya akan menggunakan dua silinder untuk menggerakkan mobil dalam kecepatan rendah.

Ketika dibutuhkan tenaga lebih, maka komputer akan otomatis mengaktifkan dua silinder lainnya. Proses ini terjadi secara instan dan hampir tidak memberikan efek yang merugikan.

Pada pameran yang digelar 1-12 Agustus tersebut, pengunjung juga disuguhkan teknologi terbaru dalam bidang mesin. Isu pencemaran lingkungan dan menipisnya cadangan minyak mentah, membuat produsen kendaraan mulai beralih ke mesin hibrida.

Penerapan mesin hibrida di Indonesia sendiri akan dimulai dalam waktu dekat. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, aturan baru soal kendaraan hemat energi akan disahkan pada bulan ini.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Duh! Honda Monkey & Super Cub Emang Bikin Ngiler
OTOMOTIF - sekitar 1 tahun lalu
Terpopuler