Permainan Benny Tjokro Terbongkar, Hewan Wombat, dan Keraton Jipang

Pawai Keraton Jipang Blora beberapa waktu lalu
Sumber :
  • Dokumentasi Keraton Jipang.

VIVA –  Kabar mengejutkan datang dari Afrika Selatan. Putra almarhum Ahmed Deedat, cendekiawan muslim dalam bidang perbandingan agama, Yousuf Deedat, ditembak oleh seseorang di luar Pengadilan Keluarga Verulam, negara bagian Durban, Afrika Selatan, Rabu pagi, 15 Januari 2020.

Pembaca VIVAnews penasaran dengan kondisi Yousuf Deedat, yang kini dalam keadaan kritis. Saat menuju ke pengadilan, dia didekati oleh seorang pria asal India yang menggunakan senjata api dan menembaknya sekali di kepalanya sebelum melarikan diri dengan berjalan kaki.

Berita seputar keraton juga masih menjadi perhatian. Namun, kali ini bukan mengenai Keraton Agung Sejagat, melainkan Keraton Jipang.

Keraton yang terletak di Desa Jipang, Kecamatan Cepu sudah ada sejak 2014 lalu. Bahkan untuk menunjukkan eksistensinya, pengurus keraton pernah melakukan kirab budaya pada 2016 silam. Kala itu, kegiatan juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Blora. 

Berikut 5 berita terpopuler di VIVAnews sepanjang Jumat, 17 Januari 2020:

1. Dahlan Iskan Bongkar Permainan Benny Tjokro dalam Skandal Jiwasraya


Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, membongkar cara main Benny Tjokrosaputro, tersangka kasus dugaan dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan, dan dana investasi di Jiwasraya. Dahlan mengapresiasi kinerja Kejaksaan Agung yang telah menetapkan Benny Tjokrosaputro, yang akrab dipanggil Bentjok, dan empat lainnya sebagai Tersangka. 

Awalnya, Dahlan menilai Benny bisa lepas dari jeratan hukum. Namun, sepandai-pandai tupai melompat, menurutnya akhirnya akan jatuh juga. 

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Putra Ahmed Deedat Ditembak, Kini Kondisinya Kritis


Putra almarhum Ahmed Deedat, cendekiawan muslim dalam bidang perbandingan agama, Yousuf Deedat, ditembak oleh seseorang di luar Pengadilan Keluarga Verulam, negara bagian Durban, Afrika Selatan, Rabu pagi. Dilaporkan bahwa Deedat selamat dari kematian, tapi kini dalam kondisi kritis.

Menurut laporan media setempat, Yousuf Deedat, 66 tahun, ketika itu sedang menuju ke pengadilan. Kemudian, dia didekati oleh seorang pria asal India yang menggunakan senjata api dan menembaknya sekali di kepalanya sebelum melarikan diri dengan berjalan kaki.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Hewan Wombat Dianggap Jadi Pahlawan Kebakaran Hutan Australia


Di Australia, salah satu berita yang menjadi viral di musim kebakaran hutan adalah soal hewan wombat yang berbagi sarangnya dengan hewan-hewan lain untuk menyelamatkan diri dari api.

Tapi cerita ini belum tentu akurat, karena wombat tidak membantu menyelamatkan hewan-hewan secara heroik. Hewan khas Australia ini memang "membantu" hewan-hewan di hutan dan semak-semak dengan cara berbeda, meski bukan niat mereka.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. VIDEO: Pengakuan Mencengangkan Keluarga Pengikut Keraton Agung Sejagat


Raja dan ratu palsu Keraton Agung Sejagat mengajak sejumlah warga di Dusun Pogung, Desa Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, untuk menjadi pengikutnya. Salah satu istri pengikut keraton mengaku, suaminya kerap meminta uang selama mengikuti perkumpulan itu.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Beda Nasib Kerajaan Jipang dengan Keraton Agung Sejagat


Kemunculan Keraton Agung Sejagat (KAS) di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, membuat heboh dan geger di masyarakat. Ternyata di Kabupaten Blora pun ada sebuah keraton yang hingga saat ini masih berdiri. Namanya Keraton Jipang.

Secara terpisah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga sempat mengomentari keraton Jipang di wilayahnya. Ia membenarkan bahwa Keraton Jipang tidaklah sama dengan Keraton Agung Sejagat yang belakangan membuat resah dan geger masyarakat. 

Baca berita lengkapnya di sini.