96 Orang Positif, Anies Sebut Sumber di Jaksel Hingga Menhub Tertular

Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA – Berita mengenai bertambahkan pasien positif virus corona covid-19 menjadi perhatian pembaca VIVAnews sepanjang Sabtu 14 Maret 2020. Pembaca seperti tertarik karena jumlahnya telah mencapai 96 orang atau bertambah 27 orang dibandingkan Jumat lalu.

Selain itu, pembaca juga mengamati pernyataan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Covid-19, Achmad Yurianto, yang mengatakan tambahan pasien positif itu mulai tersebar disejumlah wilayah di Indonesia. 

Selain itu, berita terkait berbagai upaya peneliti mencegah dan menemukan antivirus corona covid-19 juta menjadi berita terbanyak kedua yang dibaca. Di mana Tim peneliti menemukan kandidat potensial mencegah corona dari bahan alam Indonesia.

Lalu, cerita Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang menjelaskan asal mula virus corona covid-19 di Ibu Kota juga jadi perhatian pembaca VIVAnews. Sebab, katanya virus itu bersumber dari wilayah Jakarta Selatan.

Dan tak kalah menarik pembaca, adalah berita terkait penampakan anggota Badan Intelijen Negara atau BIN yang ikut dalam pemberantasan virus corona covid-19 dan dipastikannya Menteri Perhubungan Budi Karya positif virus corona covid-19 menjadi berita yang menarik dibaca pembaca.

Berikut rincian dari berita-berita tersebut:

1. 96 Orang Positif Corona di Indonesia, Ini Sebaran Kotanya

Pemerintah kembali memberikan informasi terkini terkait jumlah pasien positif virus Corona Covid-19. Total, pasien positif Corona di Indonesia kini bertambah menjadi 96 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan tambahan pasien positif itu tersebar disejumlah wilayah di Indonesia. Sebaran itu melebar ada di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.

2. Peneliti UI dan IPB Temukan Kandidat Bahan Alam untuk Cegah Corona

Berbagai upaya dilakukan oleh para peneliti untuk mencegah dan menemukan antivirus corona Covid-19. Salah satunya dilakukan gabungan tim peneliti Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tim peneliti menemukan kandidat potensial untuk mencegah corona dari bahan alam Indonesia. Golongan senyawa tersebut antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin yang terkandung dalam jambu biji (daging buah merah muda), kulit jeruk, dan daun kelor.

3. Anies Cerita Asal Mula Corona di Ibu Kota, Sumbernya di Jaksel

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjelaskan asal mula virus Corona Covid-19 di Ibu Kota. Virus itu bersumber dari wilayah Jakarta Selatan.

Menurut Anies, orang pertama yang mengidap Corona di Ibu Kota itu, lalu dengan mudah menyebarkannya. Sebab, saat itu, belum ada upaya pencegahan dengan imbauan pembatasan kontak fisik seperti sekarang.

4. Penampakan Aksi BIN Ikut Berantas Corona

Presiden Joko Widodo mengakui turut melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam pemberantasan virus Corona-Covid-19. Anggota BIN ditugaskan bukan hanya melakukan tracing atau penelusuran.

Penelusuran atau melacak pasien suspect terkait dengan siapa saja yang melakukan kontak. Tugas lain BIN yaitu turut melakukan penyemprotan infektan.

5. Istana Pastikan Menhub Budi Karya Positif Corona Covid-19

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno memastikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terjangkit virus corona atau covid-19. Saat ini, Menhub dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Menurut Pratikno, kepastian tersebut sudah atas izin keluarga Menhub Budi, terlebih tugas Menhub memang sangat terdepan dan aktif dalam penanganan covid-19 di Indonesia.