Kondisi Misterius Kim Jong Un Bikin Spekulasi Makin Liar

Sumber :

VIVA – Keberadaan dan kondisi kesehatan pemimpin diktator Korea Utara, Kim Jong Un, masih jadi misteri. Kabar menyebutkan spekulasi kematian Kim usai memasang ring di jantung.

Para pejabat Amerika Serikat belum mengetahui keberadaan Kim. Mereka juga masih memantau seksama kesehatan Kim.

Belakangan beredar kabar kapal Kim Jong Un terdeteksi di dekat vila mewahnya di Wonsan. Diduga Kim sedang berlindung diri dari pandemi corona.

Bukan hanya isu spekulasi keberadaan dan kesehatan Kim saja yang menjadi 'bola liar'. Kini marak prediksi soal siapa sosok yang akan menggantikan Kim bila kabar kesehatannya benar.

Kondisi kesehatan dan keberadaan Kim Jong Un yang misterius menyedot keingintahuan pembaca VIVAnews. Berikut tiga berita seputar hal tersebut:

1. Amerika pantau kesehatan Kim

Para pejabat AS "belum melihat" pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhir-akhir ini dan sedang “memantau dengan saksama” status kesehatannya, kata Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

2. Kapal Kim Jong Un terdeteksi di Wonsan

Teka-teki tentang keberadaan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, semakin tidak pasti. Setelah dikabarkan meninggal dunia usai melakukan operasi kardiovaskular, kini gambar satelit menunjukkan kapal Kim Jong-Un bergerak di sekitar vila mewahnya di Wonsan.

3. Calon kuat pengganti Kim Jong Un

Spekulasi dan rumor tentang kesehatan Kim Jong-un mungkin tidak berarti apa-apa, tetapi pertanyaan tentang siapa yang mungkin menggantikannya dalam jangka pendek atau jangka panjang akan selalu ada di sana. BBC berbicara kepada para analis tentang para calon kuat pengganti Kim Jong un dan masa depan mereka.