PPDB Prioritas Usia, Solusi atau Petaka?

Demo soal PPDB di Balai Kota Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Syaefullah

VIVA – Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan, digeruduk sejumlah orangtua siswa yang meminta penghapusan prioritas usia dalam aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Mereka mendesak agar aturan dikembalikan berdasarkan zona jarak.

Sayangnya, upaya tersebut kandas karena Anies tak menemui mereka. Mereka mengaku kecewa dengan sikap Anies dan berencana akan menemui Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi.

Protes para orangtua siswa terhadap sistem PPDB prioritas usia menyita perhatian pembaca VIVAnews. Berikut berita seputar hal tersebut:

1. Orangtua siswa protes PPDB prioritas usia

Sejumlah orangtua siswa melakukan aksi di Balai Kota DKI Jakarta. Mereka meminta kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, untuk menghapus prioritas usia yang ada dalam aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Ibu Kota.

2. Gagal ketemu Anies, orangtua siswa akan temui Ketua DPRD

Emak-emak orang tua siswa melakukan unjuk rasa demo di depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juni 2020. Mereka menuntut agar Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menghapus prioritas usia dalam sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Ibu Kota.

3. DPRD janji berikan tekanan politik pada Pemprov DKI Jakarta

Wakil Ketua DPRD, Zita Anjani, mengatakan DPRD akan mengundang Komisi E untuk bertemu tiap wilayah dari perwakilan orangtua siswa yang memprotes sistem PPDB prioritas usia. Mereka juga akan disatukan dalam forum bersama dengan dinas pendidikan dan Ketua DPRD.