Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Bukti Kudeta Aidit Sampai Polisi Mundur karena Dimaki-maki Bosnya

Jumat, 2 Oktober 2020 | 05:30 WIB
Oleh :
Foto :
  • VIVA/Nur Faishal
Kepala Satuan Sabhara Blitar mundur tak tahan dimaki Kapolres

VIVA – Berita terpopuler VIVA sepanjang Kamis, 1 Oktober 2020 diwarnai dengan sejumlah isu hangat antara lain soal arsip sejarah Beijing yang dikaitkan dengan DN Aidit dan PKI.

Selain itu, berita yang juga banyak dibaca juga Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Monumen Pancasila Sakti. Kemudian Kasat Sabhara Blitar yang tak tahan jadi polisi gara-gara dimaki atasan. 

Baca Juga

Apa saja berita terpopuler yang populer di portal VIVA? Cek lima berita yang masuk daftar banyak dibaca di bawah ini.

1. Arsip Sejarah di Beijing Beberkan Bukti Kudeta Aidit dan PKI

Polemik kudeta PKI kembali hangat dan menjadi bahan perdebatan di tengah masyarakat. Terlepas dari pro-kontra yang terjadi saat ini, arsip yang membeberkan keterlibatan PKI dalam kudeta 1948 dan 1965 ternyata tersimpan lewat arsip-arsip sejarah di Beijing China. 

Adalah Taomo Zhou, sejarawan dari Nanyang Technology University, Singapura, yang membeberkan catatan penting sejarah Kudeta PKI ini lewat penelitiannya yang juga telah dibukukan lewat 'Revolusi, Diplomasi, Diaspora: Indonesia, Tiongkok dan Etnik Tionghoa 1945-1947'.

Dari penelitian disertasi yang salah satu sumber utamanya dari arsip yang tersimpan di pusat arsip Partai Komunis Tiongkok tersebut terungkap catatan menarik. Yang paling menyorot perhatian terungkapnya percakapan DN Aidit dengan Mao Zedong pada tanggal 5 Agustus 1965 silam.

Baca berita lengkapnya di sini.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler