Fadli Zon Kritik BIN Aneh Pakai Jubir, Ferdinand Hutahaean Pamit

Fadli Zon.
Sumber :

VIVA – Heboh demo penolakan Undang-Undang Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja masih jadi perhatian pembaca VIVA sepanjang Minggu, 11 Oktober 2020. Pun, dari kancah perpolitikan menyangkut Ferdinand Hutahaean yang mundur dari Partai Demokrat.

Dua artikel terkait isu tersebut menduduki urutan terpopuler di kanal News VIVA. Artikel lain yang masuk jajaran terpopuler adalah robohnya tembok pabrik biskuit Khong Guan di Ciracas, Jakarta Timur.

Tembok yang roboh itu ternyata menimpa rumah warga yang kebetulan letaknya berada di belakang pabrik itu. Kemudian, artikel selanjutnya masih menyangkut pandangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) soal Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Lalu, artikel yang masuk deretan terpopuler yaitu banjir yang merendam puluhan rumah di Kelurahan Kreo Selatan, Kota Tangerang, Banten.

Berikut lima artikel terpopuler yang dirangkum dalam Round-up

1. Ferdinand Hutahaean Mundur dari Partai Demokrat

Politikus Ferdinand Hutahaean jadi sorotan karena menyampaikan akan mengundurkan diri sebagai kader Partai Demokrat. Ferdinand menyampaikan demikian melalui cuitan di akun media sosial Twitter.

Dia bilang pergi dari Demokrat karena prinsip dan keyakinan politiknya. Ia beranggapan politik kebangsaan jadi acuannya dalam bersikap. Yuk, baca selengkapnya di sini.

2. BIN Sebut Kantongi Sponsor Demo Ricuh, Fadli Zon: Lapor ke Presiden

Pernyataan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto yang menyampaikan pihaknya sudah mengantongi aktor yang membiayai penolakan demo Omnibus Law UU Cipta Kerja dikritik. Hal ini disuarakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.

Fadli beranggapan aneh BIN pakai juru bicara. Seharusnya jika ada informasi maka BIN urusannya lapor ke Presiden selaku kepala negara. Baca lagi di sini selengkapnya.

3. Tembok Pabrik Khong Guan Roboh karena Hujan Timpa Rumah Warga

Curah hujan yang lebat di wilayah DKI Jakarta pada Sabtu sore hingga malam hari mengakibatkan tembok pabrik biskuit Khong Guan di Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur roboh. Reruntuhan tembok pabrik Khong Guan tersebut menimpa rumah warga yang letaknya berada di belakang pabrik tersebut.

Ketua RW 08 Herman mengatakan, kejadian robohnya tembok pabrik Khong Guan tersebut sudah yang kedua kalinya. Kejadian sebelumnya terjadi pada 2012. Baca selengkapnya di sini.

4. Apindo Tegaskan Misinformasi Soal UU Cipta Kerja Menyesatkan

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan, Bob Azam menduga penyebab demo penolakan UU Cipta Kerja yang berujung ricuh itu karena adanya informasi yang dipelintir (misinformasi). Sehingga, masyarakat terprovokasi.

"Banyak pro kontra yang disebabkan oleh ketidakpahaman dan maraknya misinformasi yang menyesatkan,” kata Bob kepada wartawan pada Sabtu, 10 Oktober 2020. Baca selengkapnya di sini.

5. Banjir 1 Meter Rendam Perumahan di Tangerang

Tak hanya Jakarta, hujan dengan intensitas tinggi juga mengguyur wilayah Tangerang menyebabkan banjir setinggi 1 meter. Banjit ini merendam puluhan rumah di Jalan H. Daiman, Kelurahan Kreo Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Warga setempat menceritakan air banjir mulai naik sejak pukul 17.40 WIB. Awalnya, air hanya menggenangi jalanan di kawasan setempat. Namun, perlahan terus naik hingga setinggi 1 meter. Baca lagi di sini selengkapnya.