Bangsa Palestina Perlu Introspeksi, Daging Sapi Rp150 Ribu per Kg

Aparat polisi Israel saat mendatangi komplek Masjid Al Aqsa beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Instagram daarul_quran

VIVA - Sejumlah pemberitaan mewarnai kanal news di portal VIVA.co.id sepanjang Rabu, 12 Mei 2021. Berita yang terpopuler datang dari penyerangan kaum zionis Israel terhadap Masjid Al-Aqsa dan Gaza di Palestina pada bulan Ramadhan.

Atas aksi tersebut, dan apa yang dialami oleh bangsa Palestina, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar meminta mereka untuk introspeksi diri.

Berita kedua yang terpopuler adalah soal peristiwa kebakaran hebat di Medan. Kejadian tersebut menyebabkan puluhan orang harus dilarikan ke rumah sakit.

Kemudian, berita terpopuler ketiga adalah mengenai penyidik KPK, Novel Baswedan. Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut Novel disingkirkan untuk menghambat kasus besar.

Selain tiga berita itu, masih ada dua berita lagi yang juga tidak kalah bagusnya. Pertama, penyegelan masjid Ahmadiyah di Garut. Tindakan Bupati Garut Rudy Gunawan yang menyegel masjid itu mendapat protes keras.

Lalu berita terkait datangnya Hari Raya Idul Fitri 2021. Jelang hari raya umat muslim tersebut, harga daging sapi diketahui menembus Rp150 ribu per kg.

Berikut 5 berita terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Rabu, 12 Mei 2021:

1. Ketua Umum MUI: Mungkin Bangsa Palestina Perlu Introspeksi

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar mengajak rakyat Palestina untuk introspeksi diri terkait kembalinya penyerangan yang dilakukan Zionis Israel di Masjid Al-Aqsa dan Gaza di tengah Ramadhan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

Hal ini dia sampaikan saat memberikan sambutan di acara Muhasabah Penghujung Ramadhan Darurat Al-Aqsa, Selamatkan Gaza dan Rebut Kembali Palestina yang digelar secara virtual, Rabu,12 Mei 2021.

"Mungkin bangsa Palestina perlu juga introspeksi kenapa ini terjadi dan umat Islam dunia bagaimana tanggung jawabnya," kata dia di acara tersebut.

Baca selengkapnya di sini.

2. Kebakaran Hebat Terjadi di Medan, Puluhan Orang Dilarikan ke RS

Kebakaran hebat terjadi di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu pagi, 12 Mei 2021, sekitar pukul 08.45 WIB. Akibatnya, dua unit rumah toko (Ruko) terbakar dan 23 orang mengalami luka bakar.

Photo :
  • VIVA/ Putra Nasution.

"Terdapat 22 orang mengalami luka bakar dan sudah dibawa ke rumah sakit," kata Manager Pusdalops-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Nurly, Rabu siang, 12 Mei 2021.

Baca selengkapnya di sini.

3. ICW Sebut Novel Baswedan Cs Disingkirkan untuk Hambat Kasus Besar

Indonesia Corruption Watch (ICW) mencurigai penonaktifan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dan 74 pegawai lembaga antirasuah lainnya untuk menghambat penanganan kasus korupsi kelas kakap.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Keyakinan itu didasari lantaran sejumlah nama yang dinonaktifkan merupakan penyelidik atau penyidik yang menangani kasus korupsi besar seperti kasus bantuan sosial COVID-19, e-KTP hingga ekspor benih lobster.

Baca selengkapnya di sini.

4. Penyegelan Masjid Ahmadiyah di Garut Dikecam, Bupati Diprotes Keras

Aktivis 98 yang tergabung dalam Barikade 98 Jawa Barat dan Forgema 77/78 mengecam tindakan Bupati Garut yang menyegel tempat ibadah Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Kampung Nyalindung, Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu.

Photo :
  • VIVA/Diki Hidayat

Juru bicara Barikade 98 sekaligus mantan Direktur Kampanye TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Barat, Budi Hermansyah, menegaskan bahwa tindakan Bupati merupakan pelanggaran terhadap konsitusi UUD 1945. Bahkan, menurut Budi, Bupati seharusnya mengambil peran mengayomi dan melindungi semua kelompok masyarakat, terutama menjamin keamanan warganya melaksanakan ibadah berdasarkan keyakinannya.

Baca selengkapnya di sini.

5. Besok Lebaran, Harga Daging Sapi Tembus 150 Ribu per Kg

Menjelang Hari Raya Idul Fitri warga memadati pasar tradisional untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. Salah satu komoditas yang paling dicari adalah daging sapi. Maka tak heran jika harganya melonjak cukup tinggi. Selain pembelinya banyak, pasokannya juga terbatas.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/tvOne

Seperti terpantau di Pasar Khusus Daging Sapi di Jalan Banteng Kota Semarang Jawa Tengah, Rabu pagi, 12 Mei 2021. Sejak lepas Subuh warga sudah datang untuk membeli daging sapi.

Baca selengkapnya di sini.