Khotbah Paspampres hingga Harapan Sang Ustaz untuk Anindya Bakrie

Presiden Jokowi salat Id di Istana Bogor pada 13 Mei 2021
Sumber :
  • BPMI Setpres via YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Berita terpopuler kanal News-Trend di VIVA sepanjang hari pada Kamis, 13 Mei 2021 diwarnai dengan sejumlah berita penting pula menarik. Berita tentang anggota Paspampres yang jadi khatib salat Id Jokowi di Istana Bogor paling banyak dibaca. Kemudian ada pula berita soal harapan Ustaz Yusuf Mansyur jika Anindya Bakrie terpilih jadi Ketua Umum Kadin.

Cek langsung berita yang bertabur pembaca dalam Round Up berikut ini.

1. Khotbah Anggota Paspampres Serda Ridwan Mengena bagi Jokowi

Photo :
  • BPMI Setpres via YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi salat Id di Istana Bogor. Namun yang menarik, yang bertindak selaku imam pada salat tersebut adalah anggota Pasukan Pengamanan Presiden yakni Sersan Dua (Serda) Ridwan Payopo. Presiden membagikan isi khotbah Serda Ridwan saat menjadi khatib yang banyak menyampaikan amalan serta ibadah di rumah di saat masa pandemi.

Bagi Jokowi, pesan dari khotbah Serda Ridwan yang sehari-hari bertugas di Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengamanan ini memiliki pesan yang amat mendalam.

"Kita harus bersabar menerima kenyataan ini karena pada dasarnya apa yang kita lakukan tidak lain yakni dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama dan pihak berwenang yang bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman wabah," kata Jokowi dikutip VIVA dari akun Instagram @jokowi, Kamis 13 Mei 2021. Baca berita lengkapnya di tautan ini.

2. Harapan Yusuf Mansur Jika Anindya Bakrie Jadi Ketua Umum Kadin

Photo :
  • VIVA Media

Ustaz Yusuf Mansur mengungkapkan sosok pengusaha yang sangat dibutuhkan untuk memimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ke depannya. Dia pun menyebutkan sejumlah ciri-cirinya.

Dikutip dari akun instagram calon Ketua Umum Kadin 2021-2026 Anindya Bakrie, @anindyabakrie, pendiri PT Veritra Sentosa Internasional yang menaungi Paytren ini mengatakan ciri pertama adalah rendah hati. "Saya kira perlu sosok pengusaha yang membumi banget, humble, bukan rekayasa, bukan pencitraan, memang dari batin, dari karakter, enggak mengada-ngada," kata Yusuf Mansur, dikutip Rabu, 12 Mei 2021. Baca lanjutannya di sini.

3. Pemudik Membeludak, Polisi Terpaksa Buka Pos Penyekatan di Bekasi

Photo :
  • VIVA/Dani

Ribuan pemudik menggunakan kendaraan roda dua dari wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor (Jabodetabek) masih berusaha untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing, Rabu malam 12 Mei 2021. Niat tersebut sempat ditahan oleh penyekatan yang dilakukan oleh aparat kepolisian di Kedung Waringin Kabupaten Bekasi atau pembatasan dengan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Mereka pun tidak bisa melanjutkan perjalanannya, sementara polisi menghalau para pemudik untuk melakukan putar balik. Ada ribuan kendaraan roda dua yang tertahan di perbatasan antara Bekasi-Karawang. Berita lanjutannya klik link berikut.

4. Ucapkan Selamat Hari Idul Fitri, Megawati: Harus Tetap Bersyukur

Photo :
  • Istimewa

Presiden RI kelima sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Momentum ini diharapkan menjadi momen untuk memperkuat rasa kepedulian

"Sebulan sudah kita menjalani ibadah puasa Ramadhan. Semoga kita mendapat banyak makna dan rahmat dari Allah SWT. Puasa menempa kita menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih peduli pada sesama, dan tentunya lebih bertawakal," kata Megawati memulai ucapannya lewat keterangan tertulis yang diterima VIVA, Kamis 13 Mei 2021. Untuk tahu lengkapnya ada di tautan berikut.

5. Anies Salat Id Gunakan Sorban Berbendera Palestina

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri menggunakan sorban berbendera Merah Putih dan bendera Palestina sebagai bentuk simpati kepada bangsa Palestina.

"Saudara kita di Palestina, anak-anak kita di Palestina, mereka bersujud dalam suasana tegang, mereka menjalani Ramadhan dalam suasana di mana saudaranya meninggal, korban dari kekerasan," kata Anies Baswedan di rumah pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis 13 Mei 2021.

Sedangkan di sisi lain, perayaan Idul Fitri seperti di Indonesia, melaksanakan ibadah puasa hingga merayakan Lebaran dalam suasana tenang, aman dan damai. Baca lanjutannya di sini.