Kecaman Irlandia untuk Israel, Mi Berbelatung, Penghina Gus Miftah

VIVA Militer: Israel Serang Hamas di Jalur Gaza Untuk Ketiga Kalinya
Sumber :
  • Times of Israel

VIVA – Kecaman dunia terhadap Israel atas serangan mematikan militer mereka di Jalur Gaza, Palestina, belum mereda meski Israel dan kelompok militan Hamas telah menyepakati gencatan senjata.

Irlandia menjadi negara pertama Uni Eropa yang terang-terangan mengutuk Israel dan memandang permukiman yang dibangun Israel di wilayah yang direbut dalam perang Timur Tengah 1967 sebagai ilegal dan penghalang perdamaian dengan Palestina.

Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney bahkan menyebut langkah Israel itu sebagai "aneksasi de facto" atas tanah Palestina.

Dalam kesempatan yang berbeda, pemimpin Hizbullah Lebanon Sayyed Hassan Nasrallah mengatakan bahwa setiap agresi terhadap Yerusalem atau situs sucinya berarti perang regional.

Pernyataan Nasrallah yang merupakan sekutu Hamas itu mengacu pada penggerebekan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem dan bentrokan dengan warga Palestina selama bulan suci Ramadhan.

Topik tentang Israel dan Hamas Palestina itu menjadi artikel yang masih merebut perhatian pembaca VIVA sepanjang hari kemarin. Namun, selain itu, ada beberapa artikel pilihan yang terpopuler, di antaranya tentang video yang viral tentang kondisi ruang tahanan, mi instan dengan penampakan belatung, dan penghina penceramah kondang Gus Miftah ditangkap.

Simak ulasan lengkapnya artikel-artikel terpopuler itu berikut ini:

1. Video kehidupan nyata para tahanan

Sebuah video beredar di media sosial memperlihatkan kehidupan para narapidana di ruang tahanan melakukan beragam aktivitas dari yang tidur hingga merokok. Dalam tayangan itu terlihat kamar tahanan berukuran kecil dihuni sepuluh napi. Tembok dipenuhi baju-baju bergantungan dan kantong kresek plastik merah. Baca di sini.

2. Maklumat perang regional sekutu Hamas

Pemimpin Hizbullah Lebanon Sayyed Hassan Nasrallah mengatakan bahwa setiap agresi terhadap Yerusalem atau situs sucinya berarti perang regional. Komentar Nasrallah adalah yang pertama sejak gencatan senjata mengakhiri pertempuran paling sengit dalam beberapa tahun antara Israel dan kelompok militan Hamas yang berbasis di Gaza. Baca di sini.

3. Video viral mi berbelatung

Baru-baru ini beredar  video seorang pria makan mi instan yang ternyata ada belatungnya. Empat ulat kecil itu menyatu dalam mi instan di piring makannya. Dalam tayangan aslinya video itu dibuat dan diunggah oleh akun TikTok @icebergnero yang memiliki beberapa versinya. Baca di sini.

4. Irlandia menyebut Israel menganeksasi Gaza

Pemerintah Irlandia mendukung mosi parlemen yang mengutuk "aneksasi de facto" atas tanah Palestina oleh otoritas Israel. Menteri Luar Negeri Simon Coveney mendukung mosi itu, dan mengutuk apa yang dia gambarkan sebagai perlakuan Israel yang "secara nyata tidak setara" terhadap rakyat Palestina. Baca di sini.

5. Pemuda penghina Gus Miftah

Seorang pemuda di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, ditangkap oleh polisi gara-gara mengunggah konten ujaran kebencian dan hinaan di media sosial dengan korban penceramah kondang Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah. Baca di sini.