Klarifikasi Ketua KPK hingga Penumpang Dipanggil Sebelum Terbang

Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Berita tentang klarifikasi Ketua KPK, Firli Bahuri jadi yang terpopuler di kalangan pembaca VIVA.co.id kanal news sepanjang Minggu, 30 Mei 2021. Firli mengklarifikasi pernyataan Kepala Satgas Penyelidik KPK Harun Al Rasyid yang membeberkan keberadaan buronan Harun Masiku.

Harun Al Rasyid mengungkapkan, telah mendeteksi keberadaan Harus Masiku di Indonesia. Namun dia mengaku tidak dapat melaporkan dan menangkap Harun Masiku lantaran Firli selaku Ketua KPK telah membebastugaskan dirinya dengan dasar tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) alih status menjadi ASN. 

Firli pun merespons bahwa setiap perkara dikerjakan oleh tim yang bukan satu orang. Menurut Ketua KPK, timnya bekerja sesuai ketentuan dan prosedur. 

Berita paling banyak dibaca selanjutnya adalah soal daerah yang turun hujan lebat disertai kilat pada hari minggu. BMKG memprediksi beberapa daerah akan turun hujan lebat. 

Lalu, berita terpopuler ketiga tentang pengakuan pembunuh wanita di Hotel Menteng. Pelaku sejak awal mengaku mengincar barang berharga milik korban, dan dirampasnya setelah berhubungan badan. 

Kemudian, kabar tentang pimpinan KPK yang menerima surat permohonan penundaan pelantikan para pegawai KPK sebagai aparatur sipil negara (ASN) juga menyedot perhatian. Terakhir adalah soal Bandara Juanda terapkan panggil penumpang 2 jam sebelum berangkat.

Berikut selengkapnya berita terpopuler di VIVA.co.id kanal news sepanjang Minggu 30 Mei 2021 yang dirangkum dalam Round Up

1. Ketua KPK Klarifikasi Soal Pernyataan Harun Masiku di Indonesia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklarifikasi terkait pernyataan salah satu Kepala Satgas Penyelidik KPK Harun Al Rasyid yang membeberkan keberadaan buronan Harun Masiku. 

Sebelumnya, Harun Al Rasyid mengungkapkan, mendeteksi keberadaan Harun Masiku di Indonesia.
 
Namun dirinya mengaku tidak dapat melaporkan dan menangkap Harun Masiku lantaran Firli Bahrui selaku Ketua KPK telah membebastugaskan dirinya dengan dasar tak lolos TWK alih status menjadi ASN.  

Baca selengkapnya di sini

2. Daftar Daerah yang Bakal Hujan Lebat Disertai Kilat Hari Minggu

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah termasuk sejumlah daerah di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi pada hari ini.

Menurut informasi dari situs BMKG yang dipantau dari Jakarta, Minggu, beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Selain itu wilayah lain yang berpotensi mengalami hujan adalah Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Maluku Utara.

Baca selengkapnya di sini

3. Pengakuan Pembunuh Cewek di Hotel Menteng: Ambil HP Buat Judi Online

Photo :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Pusat bersama dengan Polsek Metro Menteng akhirnya menciduk tersangka pembunuhan wanita bernama Ida Wasila Anata. Pelaku pembunuhan berinisial AA ini ditangkap di kediamannya di kawasan Cijantung, Jakarta Timur.

Modus pelaku sejak awal memang mengincar barang berharga korban, yang akhirnya AA secara nekat membunuh Ida. AA membunuh Ida dengan cara mencekiknya hingga tewas.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto mengatakan, mulanya pelaku mengajak korban Ida berhubungan badan. AA menghubungi Ida melalui aplilasi MiChat yang sering digunakan untuk melakulan boking online (BO).

Baca selengkapnya di sini

4. Pimpinan KPK Terima Surat Penundaan Pelantikan Pegawai Jadi ASN

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima surat permohonan penundaan pelantikan para pegawai KPK sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang direncanakan digelar lusa nanti yaitu Selasa, 1 Juni 2021.

“Solidaritas dari segenap pegawai KPK yang meminta agar pelantikan ditunda sangat kami hargai karenanya akan kami bahas Senin besok,” kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron kepada awak media, Minggu, 30 Mei 2021.

Baca selengkapnya di sini

5. Bandara Juanda Terapkan Panggil Penumpang 2 Jam Sebelum Berangkat

Photo :
  • ANTARA/Indra Setiawan

Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, menerapkan sistem pemanggilan terhadap penumpang melalui pengeras suara pada dua jam sebelum waktu keberangkatan. Itu untuk menghindari penumpukan penumpang serta penyebaran virus corona atau COVID-19.
 
General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Kicky Salvachdie, dalam keterangan pers, mengatakan pemanggilan penumpang dengan durasi waktu dua jam sebelum waktu keberangkatan itu diterapkan menyusul saat ini jumlah penumpang di Bandara Juanda merangkak naik pascalibur lebaran 2021.

Baca selengkapnya di sini